Gampang Diracik! Ini Minuman Herbal Penurun Kolesterol

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 04 October 2022 - 08:00 WIB

Gampang Diracik! Ini Minuman Herbal Penurun Kolesterol

Gampang Diracik! Ini Minuman Herbal Penurun Kolesterol — 2 bulan yang lalu


Kolesterol tinggi dapat memicu terjadinya beberapa masalah kesehatan yang berat dan bahkan mematikan, seperti serangan jantung dan strok.

Salah satu cara yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah mengonsumsi sebuah minuman herbal yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Efektivitas minuman herbal ini dalam menurunkan kadar kolesterol diungkapkan oleh sebuah studi dalam Indonesian National Nutrition Journal pada 2020. Minuman herbal ini terbuat dari rebusan campuran lima bahan, yaitu bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel.

"Tujuan dari studi ini adalah untuk menguji persepsi konsumen serta efek dari minuman campuran herbal terhadap profil lipid dari para konsumen yang mengidap hiperkolesterolemia," ungkap tim peneliti dalam jurnal tersebut, seperti dikutip dari Express, Minggu (2/10/2022).

Studi ini melibatkan 55 orang partisipan yang mengidap hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi.

Selama enam bulan, para partisipan mengonsumsi minuman yang terbuat dari satu sendok campuran herbal, setidaknya sebanyak satu kali.

Para partisipan juga diminta untuk mengisi kuesioner mengenai kesehatan mereka. Tim peneliti lalu menggunakan data-data tersebut untuk dianalisis bersama dengan rmdata mengenai riwayat kesehatan para partisipan.

Persepsi konsumen terhadap aspek kesehatan menunjukkan bahwa 83,7 persen subjek mengalami penurunan kadar kolesterol setelah mengonsumsi minuman dari campuran lima herbal.

Sedangkan persepsi emosional konsumen menunjukkan bahwa 90,9 persen subjek merasa lebih sehat dan bugar setelah mengonsumsi minuman campuran herbal.

Hasil dari rekam medis para partisipan juga menunjukkan hal serupa.

Terlihat adanya penurunan pada angka total kolesterol, kolesterol LDL, dan trigloserdia setelah enam bulan mengonsumsi minuman campuran lima herbal.

Kolesterol LDL juga dikenal sebagai kolesterol "jahat". Kadar kolesterol LDL yang tinggi bisa memicu terjadinya penumpukan plak di dinding pembuluh darah.

Seiring waktu, penumpukan plak tersebut bisa membuat rongga pembuluh darah jadi penyempit.

"Ada perubahan positif pada kesehatan dan persepsi emosional subjek setelah mengonsumsi minuman campuran herbal," kata tim peneliti.

Seperti diketahui, ada beragam faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kadar kolesterol tinggi.

Salah satu faktor utama yang berkontribusi adalah 

konsumsi terlalu banyak makanan berlemak.

Beberapa kebiasaan lain seperti kurang olahraga, minum alkohol, dan merokok juga berkaitan dengan kolesterol tinggi.

Di sisi lain, malasah kolesterol tinggi juga dapat didorong oleh faktor genetik yang diturunkan.

Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, National Health Service di Inggris juga merekomendasikan modifikasi gaya hidup.

Beberapa modifikasi yang dianjurkan adalah memperbanyak olahraga, mengurangi konsumsi lemak jenuh, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi alkohol. 

#Kolesterol #MinumanHerbal #Kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks