Gak Selamanya Negatif, Ini Ternyata 3 Dampak Positif Letusan Gunung Berapi

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 09 December 2022 - 08:00 WIB

Gak Selamanya Negatif, Ini Ternyata 3 Dampak Positif Letusan Gunung Berapi

Gak Selamanya Negatif, Ini Ternyata 3 Dampak Positif Letusan Gunung Berapi — 2 bulan yang lalu


Gunung berapi terbentuk akibat endapan magma di dalam kerak bumi yang didorong oleh gas bertekanan sangat tinggi.

Kita mungkin hanya mengetahui ketika gunung berapi meletus hanya akan berdampak negatif kepada kehidupan manusia, seperti merusak lingkungan dan habitat alami yang indah bahkan hingga menimbulkan korban jiwa, seperti peristiwa letusan Gunung Semeru, Gunung Merapi atau bahkan Gunung Krakatau dulu. 

Tapi, dibalik kegarangan gunung berapi, letusan gunung berapi tidak hanya berdampak negatif lho, ada beberapa dampak positif dari meletusnya gunung berapi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyuburkan Tanah

Melansir dari studi ilmiah Journal of Science of Food and Agriculture terbitan tahun 2022, abu vulkanik mengandung mineral yang terdiri dari karbon, nitrogen, belerang, dan fosfor, sehingga dapat menjadi pupuk alami yang mampu menyuburkan tanah.

Tumbuhan yang hidup di tanah bekas abu vulkanik terbukti lebih subur daripada tumbuhan yang hidup di tanah lainnya. 

2. Sumber Energi Geotermal

Energi panas bumi atau yang sering kita kenal dengan Energi Geotermal merupakan salah satu sumber energi listrik terbarukan. Sumber energi geotermal salah satunya adalah magma gunung berapi. Dilansir dari National Geographic, magma merupakan batuan dan semi batuan cair panas yang terdapat di bawah permukaan bumi.

Penggunaan Magma sebagai sumber energi geotermal sampai saat ini telah diterapkan oleh Iceland Deep Drilling Project (IDDP), Islandia tahun 2011. Energi listrik yang didapatkan sangat besar, yakni sebesar 35 MegaWatt saat suhu uap air sebesar 500 derajat Celsius.

3. Bahan Baku Semen

Abu vulkanik hasil letusan gunung berapi dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan semen Portland yang umumnya digunakan di dunia. Abu vulkanik merupakan material murah dan melimpah yang bisa didapatkan di alam. 

Dilansir dari MIT News, abu vulkanik juga membuat produksi semen menjadi lebih ramah lingkungan, karena abu vulkanik memiliki suhu panas yang dapat mengurangi proses pemanasan ketika pembuatan semen.

Nah itulah dampak positif letusan gunung berapi. Ternyata, gunung berapi tak selalu menakutkan ya, masih ada dampak positif dari gunung berapi terhadap kehidupan manusia.

#DampakPositif #Letusan #GunungBerapi #sumedang #erksfm #news-erks