Forkopimda Sumedang Gelar Aksi Reboisasi di Zona Merah

Iwan Ingkig

 - 

Sunday, 31 January 2021 - 19:59 WIB

Forkopimda Sumedang Gelar Aksi Reboisasi di Zona Merah — 2 tahun yang lalu


Forkopimda Sumedang melaksanakan penanaman pohon di Dusun Bojongkondang Desa Cihajuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Minggu (31/1).

Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir mengatakan, penanaman pohon ini adalah sebagai ikhtiar mencegah longsor dengan reboisasi.

“Di zona merah dilakukan reboisasi dan rekonstruksi, sehingga mudah-mudahan ke depannya tidak terjadi lagi longsor,” ungkapnya.

Dony juga menginstruksikan pada semua SKPD bahwa penanaman pohon bukan sekedar formalitas, tapi harus dijiwai dengan sungguh sungguh.

“Setiap kecamatan juga sudah diintruksikan sampai desa, bahkan SKPD juga, dan akan mendapatkan zona masing-masing untuk menanam pohon dan memeliharanya,” tuturnya.

Sementara untuk pengungsi, sebagian sudah dialihkan sementara ke apartemen milik Pemprov Jabar, sebelum dibuat bangunan permanen.

“Sesuai dengan yang disampaikan Badan Geologi, ada 131 zona merah yang tidak boleh ditempati. Semua warga agar dapat mengikuti apa yang di anjurkan pemerintah guna tinggal di tempat yang aman dan nyaman,” katanya.

Untuk bagian tanah yang longsor, akan dipasang borepile guna menahan tanah.

“Rekonstruksinya akan dikerjakan BBWS, semua lerengnya akan diperbaiki, teraseringnya dibenahi dan ditanami tanaman keras,” pungkasnya. (*)

#zonamerah #longsor #desa #sumedang #erksfm #news-erks