Erwan: Jangan Ada Warga Sangat Miskin!

Redaksi eRKS FM

 - 

Monday, 28 December 2020 - 15:54 WIB

Erwan: Jangan Ada Warga Sangat Miskin!

Erwan: Jangan Ada Warga Sangat Miskin! — 2 tahun yang lalu


Bappppeda Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan, bertempat di Hotel Hanjuang Hegar, Cimalaka, Senin (28/12), sekaligus memperingati refleksi 1 tahun masalah kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan, tahun 2020 ini tidak bisa mencapai target dalam pengurangan kemiskinan. Namun, hal ini bukan hanya terjadi di Sumedang, melainkan di seluruh dunia, akibat adanya Pandemi Covid-19.

“Sejumlah anggaran mulai dari infrastruktur, kesejahteraan, dan lain sebagainya terkena refocusing, dan dialihkan untuk penanganan Covid-19, terutama penanganan kemiskinan baru,” kata Erwan.

Adanya wabah Covid-19 ini, sambungnya, menyebabkan banyaknya perusahaan yang memangkas biaya yang berimbas pada pengurangan pekerja yang otomatis menambah pengangguran dan kemiskinan baru.

“Kita masih untung, karena punya banyak lahan pertanian. Daerah yang mengandalkan pariwisata dan industri akan signifikan peningkatan angka kemiskinannya,” katanya.

Menurutnya lagi, pihaknya tidak bekerja sendirian, melainkan namun dibantu seluruh SKPD guna terjun langsung menanggulangi kemiskinan.

“Tahun yang lalu kita turun di angka 9,8 persen, dan meningkat lagi pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19,” ungkapnya. 

“Kita harus kerja ekstra keras, untuk menanggulangi masalah kemiskinan. Dan yang bikin kaget, di Sumedang ini ada 2 kecamatan yang angka kemiskinannya cukup tinggi, yakni kecamatan Jatinangor dan Cimanggung,” katanya lagi.

Padahal, sebutnya lagi, kawasan tersebut masuk dalam cekungan Bandung kawasan perkotaan.

Dalam kegiatan tersebut, Erwan sempat mengabsen satu per satu peserta yang hadir, terutama para camat. Mereka yang tidak datang diwajibkan menghadap ke ruang kerjanya. (*)

#Erwan #kemiskinan #pandemi #pertanian #perindustrian #sumedang #erksfm #news-erks