Dua Warga Hilang Akibat Banjir Lumpur di Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 19 December 2022 - 11:55 WIB

Dua Warga Hilang Akibat Banjir Lumpur di Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia

Dua Warga Hilang Akibat Banjir Lumpur di Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia — 2 bulan yang lalu


Banjir lumpur menerjang Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (17/12/2022). Total ada lima desa yang terdampak banjir tersebut. Bencana ini pun membuat dua orang meninggal dunia.

Analis Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Joshua Banjarnahor mengatakan, setelah ada informasi orang hilang SAR Bandung langsung menurunkan tim untuk pencarian.

Dua korban yang meninggal pun berhasil ditemukan di tempat berdekatan pada pukul 10.05 WIB. Posisi keduanya berada sekitar 400 meter dari lokasi kejadian.

"Posisi tertimbun oleh lumpur dan material pohon di jalur air. Kedunya kemudian dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Sawah Dadap," kata Joshua, Minggu (18/12/2022).

1. Imbau warga lapor jika ada keluarga yang hilang

Dia menuturkan, hingga saat ini berdasarkan data yang ada tidak ada korban lagi yang hilang akibat banjir lumpur tersebut. Meski demikian SAR mengimbau jika ada warga yang merasa keluargnya hilang bisa segera melapor.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan evakuasi dapat menghubungi Basarnas di call center 115," kata dia.

Joshua pun meminta masyarakat agar waspada ketika ada hujan lebat yang bisa menimbulkan debit air sungai naik agar tidak beraktivitas di sekitaran sungai maupun di bawah tebing atau bukit.

2. Ratusan rumah terdampak banjir

Sementara itu, Humas BPBD Jabar Hadi Rahmat menuturkan, banjir di Sumedang berdampak pada lima desa di Kecamatan Cimanggung, yaitu Desa Cihanjuang, Sindangpakuon, Sindanggalih, Mangunarga, dan Sawahdadap.

Untuk kerusakan, BPBD hingga saat ini masih melakukan pendataan. Namun, di Desa Cihanjung terdapat 658 rumah yang terdampak.

"Desa lain masih pendataan. Saat kejadian tinggi mata air ada yang mencapai 6 meter," kata dia.

3. Banyak warga harus mengungsi

Akibat banjir lumpur ini pun banyak warga yang rumahnya terdampak sekarang harus mengungsi karena rumahnya rusak. Untuk desa Cihanjung saja ada 536 jiwa yang terdampak. Sedangkan di Desa Sawahdadap ada 86 KK dengan total 267 jiwa mengungsi sementara.

#BanjirLumpur #Cimanggung #Basarnas #BPBDJabar #sumedang #erksfm #news-erks