Disdik Sumedang-UPI Gelar LSBS

Redaksi eRKS FM

 - 

Monday, 05 April 2021 - 15:30 WIB

Disdik Sumedang-UPI Gelar LSBS — 1 tahun yang lalu


Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Tim Lesson Study UPI menggelar kegiatan Fasilitasi dan Pengembangan Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS), bertempat di kampus SMPN 9 Sumedang, Senin (5/4).

Plt. Kabid SMP H. Edi Suwardi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu sekolah dalam hal pelayanan pembelajaran.

“Selama ini diketahui, pengajar masih dominasi oleh guru. Pemahaman ini belum beranjak, walaupun kurikulum sudah berubah 10 tahun sekali,” katanya. 

“Kami ingin mengoptimalkan pembelajaran oleh guru, yang dikemas melalui analisis masalah, sehingga siswa itu ikut berpikir. Ini sesuai dengan tuntutan di abad 21 bahwa siswa harus memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif,” katanya.

President Asosiasi Lesson Study Indonesia Prof. Sumar Handayana mengatakan, kegiatan ini semacam pelatihan, namun berbeda dengan yang lainnya, karena tidak banyak teori, melainkan berkonsep observasi sambil menonton.

“Di masa Pandemi Covid-19 ini kita tidak bisa belajar tatap muka, jadi harus pakai teknologi belajar,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala SMPN 9 Hj. Tuti Sutarsanah berharap melalui kegiatan ini ke depannya bisa terbentuk learning community, yang memberdayakan para guru, kepala sekolah, siswa, dan masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai langkah awal peningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 9 khususnya, umumnya di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Wakasek Kurikulum SMPN 9 Sumedang Siti Sundari mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kompetensi para guru serta bisa menjadikan peserta didik unggul dalam segala hal.

“Harapannya, para guru dapat mengaplikasikan pembinaan ini, sehingga dapat meningkatkan pola pikir para anak didik lebih kritis,” tandasnya.

#sekolah #siswa #guru #sumedang #erksfm #news-erks