Dinkes Sumedang Gagas Kolaborasi Lintas Sektor Cegah Anemia

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 26 January 2021 - 15:29 WIB

Dinkes Sumedang Gagas Kolaborasi Lintas Sektor Cegah Anemia

Dinkes Sumedang Gagas Kolaborasi Lintas Sektor Cegah Anemia  — 2 tahun yang lalu


Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar Pertemuan Kolaborasi Lintas Sektor Tingkat Puskesmas dan Sekolah Program penanggulangan Anemia pada remaja putri di Kabupaten Sumedang, bertempat di Hotel Hanjuang Hegar Cimalaka Kabupaten Sumedang, Selasa (26/1).

Kepala Dinas Kesehatan Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan, kegiatan ini adalah rutinitas tahunan.

“Alhamdulillah kita ada NGO yang mau kerjasama dengan kita. Sesuai arahan dari Bupati Sumedang, maka anemia segera kita cegah secara lintas sektor,” katanya.

Dipastikan, sambung Dadang, setiap remaja putra dan putri umur 12 -18 tahun, wajib minum obat ini seminggu sekali.

“Tugas kita semua bagi yang memiliki remaja putri, biar sehat dan tidak anemia. Karena ada data 23,3 persen anemia yang harus kita tindak lanjuti, dan 22,3 persen merupakan anemia ringan. Ini harus dicegah,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pihaknya menyambut kegiatan lintas sektor ini.

“Di Sumedang banyak yang kekurangan sel darah merah, di mana kondisi ini akan berdampak pada dirinya, dan prestasi di sekolah akan menurun. Bahkan bahkan bisa sulit memiliki keturunan,” paparnya.

Kemudian, lanjut Dony, program ini ada rencana aksinya, monev-nya, kemudian ada indikator keberhasilannya, dan itu bisa mengurangi jumlah orang yang mengalami anemia.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sumedang, Dinas Pendidikan, Bappppeda, Kemenag, dan Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumedang. (*)

#anemia #dinkessumedang #sumedang #erksfm #news-erks