Dinas LHK Siapkan Motor Listrik China

Iwan Ingkig

 - 

Wednesday, 27 January 2021 - 20:42 WIB

Dinas LHK Siapkan Motor Listrik China

Dinas LHK Siapkan Motor Listrik China — 2 tahun yang lalu


Bertempat di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Sumedang, Sekda Sumedang serta perwakilan Apdesi Sumedang menyaksikan demonstrasi alat angkut sampah berbasis listrik, Rabu (27/1).

Dinas LHK berencana membeli kendaraan motor listrik buatan China yang diproduksi perusahaan swasta asal Jawa Tengah. Namun sebelumnya, akan diuji coba terlebih dahulu selama sebulan.

Kabid Pengelolaan Sampah pada Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang Tatang Muchidin mengatakan, penyediaan alat angkutan ramah lingkungan ini merupakan inovasi Dinas LHK.

“Kondisi existing armada angkutan sampah roda tiga saat ini, adalah kendaraan berbasis BBM (berbahan bakar minyak), itu akan menyumbang emisi yang besar,” ucap Tatang.

Dengan adanya substitusi alat angkut sampah berbasis tenaga listrik itu, sambungnya, akan jauh mengurangi emisi gas buang, sehingga tujuan pengelolaan sampah ramah lingkungan bisa tercapai.

“Jika dibandingkan, kendaraan listrik ini bisa hemat energi hingga 70% persen, atau hemat hingga 13 ribuan dalam sehari,” ungkapnya.

Namun, menurut Tatang, kekuatan dan daya tahan alat ini akan diuji coba dulu selama sebulan, bagaimana menggunakan di area datar, tanjakan sedang, dan tinggi.

“Kita gunakan 3 unit dulu,”sebutnya.

Dinas LHK punya 21 unit roda tiga berbahan BBM, namun sudah tak layak pakai.

Selain itu, ada 14 dump truck pengangkut sampah kapasitas 6 kubik, dan satu tronton yang kapasitasnya 14 kubik.

“Dari jumlah penduduk 1,5 juta lebih, menghasilkan sampah hingga 345 ton. Maka, skema yang ideal itu diangkut menggunakan 35 dump truck,” tandasnya. (*)

#motor #LHK #listrik #sumedang #erksfm #news-erks