Dekopinda Sumedang Terus Perkuat Jaringan Kemitraan

Redaksi eRKS FM

 - 

Thursday, 27 May 2021 - 11:58 WIB

Dekopinda Sumedang Terus Perkuat Jaringan Kemitraan — 1 tahun yang lalu


Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021, dengan tema "Melalui Pelaksanaan Rakerda Dekopinda Kabupaten Sumedang Dapat Meningkatkan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Daerah Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”, Kamis (27/5).

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang, mewakili Bupati Sumedang.

Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang Ade Efendi mengatakan, Rakerda ini adalah kegiatan yang harus dilaksanakan, sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

“Di antaranya mengevaluasi program kerja dalam satu tahun, juga menetapkan program kerja dan pendapatan anggaran untuk tahun depan. Dekopinda merupakan wadah yang berfungsi memperjuangkan kepentingan dan aspirasi koperasi,” paparnya.

Dikatakan Ade, Pihaknya bertugas memasyarakatkan koperasi dengan memberikan pelatihan bagi anggota maupun masyarakat, serta membangun jaringan kemitran dan kerja sama, termasuk dengan badan-badan usaha, baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

“Hari ini kami mengumpulkan 50 koperasi dari 287 koperasi  yang ada di Kabupaten Sumedang. Namun, kami membatasi peserta karena situasi dan kondisinya masih masa pandemi Covid-19,” katanya.

Rakerda ini sudah mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sumedang

Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumedang Deni Tanrus mengatakan, Dekopinda ini adalah salah satu mitra pengurus koperasi 

“Dalam pemulihan ekonomi, koperasi merupakan salah satu sektor yang cukup kuat, terutama dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha mikro, baik dalam promosi maupun produksi,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Deni, saat ini semuanya harus siap menghadapi era digital, dan harus berorientasi pada pasar. 

“Para pelaku usaha harus banyak mengembangkan kerja sama, jadi jangan terpaku pada simpan pinjam saja. Jadi dengan koperasi  bisa meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat dan otomatis menurunkan angka kemiskinan di kabupaten Sumedang, sesuai dengan Visi Misi Sumedang Simpati,” terangnya.

Acara ini dihadiri Majelis Pakar dan Penasehat Dekopinda Sumedang, Seluruh jajaran pengurus Dekopinda Sumedang, Dekopinwil Jabar, Bappppeda, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Koperasi Anggota Dekopinda Sumedang,  bertempat di Gedung KPRI KGS Sumedang.

 

#dekopinda #koperasi #produksi #sumedang #erksfm #news-erks