D'Castello, Kastil Megah di Tengah Hamparan Kebun Teh Subang

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 08 July 2022 - 08:00 WIB

D'Castello, Kastil Megah di Tengah Hamparan Kebun Teh Subang

D'Castello, Kastil Megah di Tengah Hamparan Kebun Teh Subang — 1 bulan yang lalu


Subang Bagian Selatan tepatnya di Wilayah Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, bahkan sejumlah destinasi wisata baru sudah mulai beroperasi.

Salah satunya Florawisata D'Castello yang dibuka pada bulan Desember 2021 lalu, destinasi wisata yang mengusung tema bunga ini di padu-padankan dengan bangunan megah ala benteng Kremlin Moskwa, Rusia dan Arsitektur Turki.

"Ini kita tema utamanya adalah bunga, yang kedua Castillo, Castillo adalah perpaduan antara arsitektur Turki dan Kramlin, Rusia," ujar Irvan Surono, Owner wisata ini.

Irvan mengatakan, karena wilayah ini menjadi KEK Pariwisata dan berada di dataran tinggi, ia memanfaatkan alam yang indah dengan udara yang sejuk menjadi nilai lebih yang di dapat di wisata ini.

"Dalam rangka mendukung program pemerintah mengembangkan pariwisata, kita membuat program dan konsep berhubungan dengan alam, ya jadi wisata alam terbuka," katanya.

Saat ini luas areal wisata yang sudah digunakan seluas 6 Hektare, rencananya pembangunan wisata ini akan diperluas menjadi 130 Hektare.

Di pintu masuk yang sekaligus tempat pembelian tiket masuk, berdiri megah bangunan kastel, selanjutnya disambut dengan deretan tanaman dan ada patung Mickey Mouse ukuran besar.

Kemudian pengunjung disuguhkan dengan food court dengan beragam menu makanan/minuman, areal food court dibuat konsep penuh dengan tanaman, terdapat bangunan mushola yang tak kalah cantik.

Setelah food court, pengunjung disediakan tempat duduk yang terdapat rangkai besi menyerupai sangkar, selanjutnya ada jembatan dan terakhir ada bangunan kastil dengan posisi yang strategis menghadap ke jalan raya.

Setiap sudut wisata ini memilik beberapa spot foto Instagramable, selain bangun yang megah dan indah juga dihiasi gunung Tangkuban Parahu dan hamparan teh yang menghijau.

Tiket masuk ke tempat wisata ini mulai dari Rp 25.000 pada hari kerja, serta mulai dari Rp 30.000 saat akhir pekan dan libur nasional.

"Awalnya hanya lewat aja, penasaran jadi sekarang sengaja datang ke sini. Tempatnya bagus banyak tempat buat foto. Bangunannya juga keren," ujar Nandi pengunjung asal Garut

Hal serupa diungkapkan Yolanda pengunjung asal Tangerang, ia yang sudah datang lima kali ke tempat ini dan tidak pernah bosan.

"Saya udah lima kali, jadi kalo ada kegiatan di Bandung saya arahkan ke sini. Saya suka banget dengan wisata alam jadi ini cocok banget lokasinya. Keren tempatnya," ucap Yolanda didampingi rombongannya.

Wisatawan dari luar kota diarahkan untuk melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), lalu keluar melalui Gerbang Tol Subang.

Jarak dari Gerbang Tol Subang menuju Florawisata D'Castello sekitar 30 kilometer, dengan waktu tempuh kira-kira satu jam 30 menit. 

#FlorawisataD'Castello #Ciater #Subang #sumedang #erksfm #news-erks