Dampak Negatif dari Sistem Belajar Kebut Semalam, Wajib Dihindari!

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 28 April 2023 - 08:00 WIB

Dampak Negatif dari Sistem Belajar Kebut Semalam, Wajib Dihindari!

Dampak Negatif dari Sistem Belajar Kebut Semalam, Wajib Dihindari! — 1 tahun yang lalu


Mungkin kita sering mendengar istilah sistem kebut semalam. Dimana para pelajar belajar secara intens hanya dalam waktu semalam. Hal itu sering kita temui ketika sudah mendekati waktu ujian.

Bukannya memberikan banyak manfaat, sistem tersebut justru memberikan banyak dampak negatif bagi dirimu. Ada banyak bahaya yang mengancammu ketika melakukan sistem belajar ini. 

Berikut beberapa dampak negatif dari sistem belajar kebut semalam:

1. Kesulitan memahami materi

Dalam ujian biasanya ada banyak materi yang akan diujikan. Untuk mendapatkan nilai yang baik tentunya kamu perlu memahami materi tersebut. Belajar kebut semalam tidak akan pernah bisa membantumu memahami banyak materi tersebut.

Untuk memahami materi tersebut kamu membutuhkan waktu yang lebih banyak, tidak hanya semalam. Oleh karena itu sebaiknya kamu sudah mengkaji materi yang akan diujikan dari beberapa minggu atau bulan sebelum ujian.

2. Mengurangi waktu tidur

Dampak negatif yang akan kamu rasakan pertama kali adalah waktu tidurmu akan berkurang. Ketika kamu melakukan sistem belajar ini maka kamu akan lebih banyak begadang untuk belajar.

Tentunya begadang untuk belajar bukanlah hal yang baik. Karena bagaimanapun juga kamu memerlukan waktu istirahat yang cukup. 

Jika kamu tidak memiliki waktu istirahat maka kesehatanmu dapat terganggu. Oleh karena itu sistem ini juga dapat berdampak buruk pada kesehatanmu.

3. Memiliki resiko kesalahan dalam memahami materi

Terkadang untuk memahami materi kita memerlukan waktu yang cukup sesuai dengan kemampuan otak kita. Namun belajar kebut semalam sama saja belajar secara tergesa-gesa.

Tak jarang otak kita masih belum mampu menghafal dan memahami materi dengan baik. Oleh karena itu seringkali kita salah memahami materi yang kita pelajari.

4. Meningkatkan stres

Meskipun kamu ingin mendapatkan nilai yang baik dari ujianmu, namun kamu juga harus tetap memprioritaskan kesehatanmu. Kesehatan dirimu harus tetap menjadi nomor satu.

Belajar dengan sistem kebut semalam dapat berdampak negatif bagi kesehatan dirimu. Selain dapat mengurangi waktu tidurmu, belajar dengan sistem ini dapat membuat dirimu stres.

5. Cepat lupa dengan materi yang dipelajari

Sistem belajar ini membuat diri kita tergesa-gesa dalam menghafal materi pelajaran yang akan diujikan. Bisa saja kita dapat menghafal materi yang akan diujikan hanya dalam waktu semalam.

Namun belum tentu kita dapat menghafal materi tersebut dengan sempurna. Hafalan yang tidak sempurna tersebut membuat diri kita akan cepat lupa dengan materi yang kita hafal.

Nah, itulah beberapa bahaya atau dampak negatif yang akan kamu rasakan ketika menerapkan sistem kebut semalam. 

Mulai sekarang cobalah untuk meninggalkan sistem belajar ini, karena sistem belajar ini banyak memberikan dampak negatif bagi dirimu.

#DampakNegatif #SistemBelajarKebutSemalam #pelajar #sumedang #erksfm #news-erks