Cerita Saksi Lihat Mobil Angkutan ODGJ Mondar-mandir, Sebelum Buang Riki di Sekitar Dano Sumedang

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 11 April 2023 - 10:07 WIB

Cerita Saksi Lihat Mobil Angkutan ODGJ Mondar-mandir, Sebelum Buang Riki di Sekitar Dano Sumedang

Cerita Saksi Lihat Mobil Angkutan ODGJ Mondar-mandir, Sebelum Buang Riki di Sekitar Dano Sumedang  — 1 tahun yang lalu


Dugaan dibuangnya Riki Nugraha (35), warga Perumahan Puskopad, Tanjungsari, yang berkebutuhan khusus ke wilayah Dano, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, akhirnya meninggal dunia, menimbulkan banyak tanda tanya.

Dugaan itu menguat ke arah benar, sebab sebelum Riki diturunkan sebuah mobil pada 28 Maret 2023, pukul 22.00, telah ada aktivitas janggal.

Aktivitas janggal itu yakni mobil Grand-Max putih bertuliskan "ODGJ" mondar-mandir ke sekitar Dano hingga lima kali dalam satu malam.

"Saya, anak saya juga perhatikan, mobil tulisan ODGJ itu mondar mandir, sore sampai malam," kata Rizni Amalia (41), pemilik warung, sekaligus orang yang terakhir merawat Riki, Minggu (9/4/2023).

Riki dibuang menggunakan sebuah mobil. Dia dipapah sampai ke dekat jembatan Dano, lalu ditinggalkan.

Amel, sapaan Rizni Amalia, dan keluarganya serta orang lain yang peduli, merawat Riki, hingga akhirnya Riki ditemukan meninggal dunia pada Senin (3/4/2023) dini hari.

"Bahkan orang dalam mobil ODGJ itu pernah singgah ke warung dan memesan kopi. Tulisan ODGJ-nya besar dan terbaca. Tulisan Yayasan di mobil itu tak saya perhatikan," katanya.

Riki Nugraha seharusnya sedang dalam masa perawatan oleh Yayasan Abadi Bina Mentari yang beralamat di Kecamatan Darmaraja ketika proses pembuangan itu berlangsung.

Yayasan tersebut juga telah mengonfirmasi bahwa Riki kabur dari Yayasan pada tanggal 28 Maret 2023.

#Kabupatensumedang #YayasanAbadiBinaMentari #RikiNugraha #BerkebutuhanKhusus #sumedang #erksfm #news-erks