Catat! Ini 7 Hal Penting untuk Orangtua Tentang Cara Mendidik Anak di Era Digital

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 03 July 2023 - 08:00 WIB

Catat! Ini 7 Hal Penting untuk Orangtua Tentang Cara Mendidik Anak di Era Digital

Catat! Ini 7 Hal Penting untuk Orangtua Tentang Cara Mendidik Anak di Era Digital — 1 tahun yang lalu


Di era digital seperti saat ini, teknologi memang tidak bisa dijauhkan dari keseharian, termasuk anak-anak. Orangtua pasti merasa khawatir akan hal ini. Apalagi, anak-anak sangat mudah beradaptasi dengan teknologi terbaru yang hampir setiap harinya ada.

Perkembangan teknologi memang bagus, tetapi jika anak mulai ketergantungan, akan memberikan dampak negative pada penyesuaian dan keterampilan sosial si kecil. Hal ini tentu menjadi tantangan sendiri terhadap orangtua untuk mendidik anak di era digital.

Berdasarkan artikel Paw Research Center,95 persen remaja di Amerika memiliki smartphones dan menggunakannya setiap hari. Hal ini menunjukan bahwa, saat ini anak-anak sudah menjadi pengguna internet yang aktif. Mereka mencari komunikasi, informasi, hiburan dan hal lainnya.

Kebiasaan tersebut memang sekilas terlihat biasa saja bagi orang dewasa, tetapi berbeda dengan anak-anak. Mereka masih belum bisa menyadari akan adanya ancaman yang ada di dunia maya. Ini tentunya menjadi salah satu tantangan orangtua untuk mendidik anak di era digital.

Menjauhkan anak dari internet di rumah bisa dibilang bukan cara yang terbaik. Karena saat anak mulai bergaul, mereka mungkin akan mengetahui hal tersebut dari lingkungan atau teman-temannya.

Jika si kecil sudah terlanjur mengetahui atau terbiasa dengan gadget,orang tua bisa mendampinginya agar mereka tetap terkendali saat menggunakan teknologi. Hal ini dianggap sebagai cara yang baik untuk mendidik anak di era digital.

Berikut cara mendidik anak di era digital seperti dilansir dari oramico.

1. Gunakan Browser Ramah Anak

Saat ini, sudah banyak browser yang dikembangkan khusus untuk anak-anak atau ramah untuk anak. Biasanya, browser tersebut akan memverifikasi usia pengguna untuk konten-konten tertentu.

Pendampingan merupakan salah satu cara ampuh dalam mendidik anak di era digital. Secara keseluruhan, orangtua harus memilih browser, yang memungkinkan mereka mengontrol data yang dapat diakses anak.

2. Periksa Riwayat Browser Sesekali

Cara mendidik anak di era digital, orangtua harus memberitahu si kecil, kalau akan memeriksa konten yang mereka lihat di dunia maya.

Pastikan si kecil merasa orangtua ada di pihak mereka. Jadi, hindari menghakimi mereka saat memeriksa riwayat browser.

3. Menyesuaikan Pengaturan Keamanan

Penting untuk orangtua memahami dasar-dasar pengaturan browser saat mendidik anak di era digital. Karena saat orangtua mulai curiga terhadap bacaan atau tontonan online si kecil, orang tua harus menyesuaikan pengaturan keamanannya.

Namun, orangtua tetap harus memberitahu kepada anak, karena kelalaian akan merusak kepercayaan mereka.

4. Kenalkan Bookmark sebagai Salah Satu Keamanan Saat Browsing.

Aturan mendidik anak di era digital yang lain, adalah orangtua harus menyediakan waktu luang untuk mengajari anak-anak menjelajahi internet.

Sarankan penggunaan bookmark agar si anak hanya membuka situs yang biasa mereka kunjungi. Hal ini akan melindungi anak dari beberapa ancaman terkait keselamatan.

5. Batasi Waktu Anak Berada di Depan Laptop

Orangtua mungkin akan kesulitan untuk melakukan aturan mendidik anak di era digital yang satu ini. Karena hal ini pasti akan mendapat penolakan dari si kecil.

Italian Journal of Pediatrics menyarankan, waktu yang baik untuk anak-anak khususnya usia pra sekolah adalah kurang dari satu jam. Karena penelitian menunjukan bahwa terlalu lama berada di depan layar dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak usia prasekolah.

6. Aktif Memberitahu Kegiatan Selain Menonton TV atau Bermain Handphone

Walaupun teknologi tidak dapat dijauhkan dari kegiatan si kecil, tetapi orangtua bisa membantu mereka dengan aktif mengajak melakukan kegiatan lain, seperti berkemah, mengunjungi museum, menginap, piknik dan datang ke konser musik.

Kegiatan offline atau non internet yang sesuai dengan usia si kecil dapat menyelamatkan anak-anak dari ketergantungan terhadap teknologi. Orangtua harus rajin-rajin untuk menyiapkan kegiatan offline seperti bermain lego atau lainnya sembari mendidik anak di era digital.

7. Komunikasi Antara Orangtua dan Anak

Komunikasi antara orangtua dan anak merupakan salah satu cara mendidik anak di era digital. Hal ini sangat penting, karena dapat menghindari praktik bully di dunia maya.

Jelaskan kepada anak-anak bahwa pelaku intimidasi sendiri sering menderita karena pengabaian. Jadi, alih-alih mencoba menyembunyikan kejadian seperti itu, anak-anak harus segera memberi tahu orangtua mengenai apapun yang mereka alami.

#Orangtua #HalPenting #CaraMendidikAnak #EraDigital #sumedang #erksfm #news-erks