Catat! Ini 5 Teh yang Efektif Atasi Insomnia Agar Tidur Nyenyak

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 19 March 2023 - 08:00 WIB

Catat! Ini 5 Teh yang Efektif Atasi Insomnia Agar Tidur Nyenyak

Catat! Ini 5 Teh yang Efektif Atasi Insomnia Agar Tidur Nyenyak — 1 tahun yang lalu


Insomnia atau sulit tidur di malam hari membuat kondisi badan menjadi kurang istirahat dan menurunkan fokus sehingga dapat mengganggu pekerjaan keesokan harinya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia salah satunya yakni dengan meminum teh. Selain memiliki efek menenangkan, teh juga  bisa dijadikan pilihan bagi orang yang mengalami masalah sulit tidur atau insomnia.

Di dalam teh memang terdapat kandungan kafein walaupun kadarnya rendah. Tetapi ternyata tidak semua teh menyebabkan sulit tidur, ada beberapa jenis teh yang justru bisa mengatasi insomnia. 

Dilansir dari halodoc berikut ini rekomendasi teh yang mampu mengatasi insomnia :

1. Teh akar varelin

Teh akar valerian juga berkhasiat untuk mengatasi insomnia. Teh ini sudah dikenal dan digunakan sejak zaman Yunani dan Roma untuk mengatasi insomnia bahkan sakit kepala, gugup, stres, dan cemas. 

Khasiat dari teh akar valerin tidak hanya bisa membuat kamu cepat tertidur, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu.

2. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki kandungan apigenin yang bisa memberikan efek menenangkan dan membuat tubuh rileks sehingga membantumu untuk cepat tidur. 

Selain itu, aroma teh chamomile dapat membantu mengurangi stress sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan rileks

4. Teh Lemon Balm

Teh lemon balm memiliki banyak khasiat yaitu bisa mengurangi kecemasan bahkan memperpanjang umur bila dikonsumsi secara teratur. 

Teh ini sudah digunakan sejak lama sebagai obat alami untuk mengatasi susah tidur atau insomnia dan kecemasan. Selain teh, lemon balm juga dapat dijadikan sebagai minyak esensial. 

Minyak esensial lemon balm memiliki kandungan bernama terpene yang bersifat menenangkan dan bisa juga untuk meredakan mual atau sakit kepala.

3. Teh Lavender

Banyak orang yang sudah mengetahui khasiat lavender yang merupakan tanaman terkenal dan memiliki aromanya yang menenangkan. 

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa teh lavender memiliki kandungan yang bisa membuat orang tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitasnya dalam jangka panjang tanpa efek samping. 

Selain itu teh lavender juga membantu mengatasi seseorang yang memiliki masalah insomnia dan gangguan kecemasan tidur sehingga menjadi lebih baik.

5. Teh Pisang

Teh pisang mungkin terdengar agak asing di telinga karena jarang diketahui banyak orang. Selain buahnya, ternyata kulit pisang dapat diolah menjadi teh. 

Teh pisang terbuat dari kulit pisang yang sudah dihaluskan hingga menjadi bubuk. Kulit pisang kaya akan kandungan potasium dan mineral magnesium yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan juga merilekskan pembuluh darah sehingga mampu mengatasi insomnia.

Selain mengkonsumsi teh, beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah cepat tidur seperti membiasakan diri untuk tidur di jam yang sama dan menghindari bermain gadget setidaknya 1-2 jam sebelum tidur. 

Cobalah untuk mematikan lampu kamar agar bisa membantumu menjadi lebih rileks. Itulah beberapa jenis teh yang bisa kamu coba untuk untuk mengatasi insomnia. 

Secangkir teh dapat membantumu untuk lebih tenang sehingga membuatmu tidur lebih cepat dan nyenyak. Kualitas tidur yang baik akan membuatmu lebih bersemangat dan meningkatkan fokus di keesokan harinya.!

#AtasiInsomnia #Teh #efektif #TidurNyenyak #sumedang #erksfm #news-erks