Berikut Daftar Nomor Layanan Darurat di Indonesia dan Jenis Pelayanannya

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 10 March 2023 - 21:52 WIB

Berikut Daftar Nomor Layanan Darurat di Indonesia dan Jenis Pelayanannya

Berikut Daftar Nomor Layanan Darurat di Indonesia dan Jenis Pelayanannya — 1 tahun yang lalu


Jika di Amerika serikat punya layanan darurat 911, Indonesia juga punya layanan darurat yang sama dengan nomor 112. Dengan nomor tersebut, kita bisa meminta bantuan saat terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Layanan darurat 112 ini sudah launching sejak tahun 2015 silam. Pada saat itu baru 10 kota besar yang dicoba untuk pelaksanaannya. 

Hingga kini sudah puluhan kota telah menggunakan layanan darurat 112 ini untuk pelaporan setiap kejadian darurat.

Meskipun demikian, layanan darurat lainnya masih tetap berlaku seperti berikut ini:

119 untuk layanan ambulans,
110 untuk layanan kepolisian,
115 untuk Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas),
117 untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), dan
113 untuk layanan pemadam kebakaran.

Nomor darurat 112 sebagai layanan masyarakat untuk mempermudah meminta bantuan yang bersifat darurat. Nomor tersebut bisa kamu akses baik lewat telepon rumah maupun telepon seluler. 

Meskipun tidak ada pulsa maupun dalam keadaan ponsel terkunci, kamu tetap bisa menghubungi nomor darurat tersebut.

Jenis layanan untuk nomor darurat 112

Walaupun gratis, kamu tidak diperbolehkan sembarangan dalam mempergunakan nomor tersebut. Berikut ini jenis layanan yang bisa kamu gunakan dengan nomor darurat tersebut.

1. Bencana alam

Saat terjadi bencana alam dan belum ada pertolongan dari pihak manapun, kamu bisa segera hubungi nomor tersebut. Pihak terkait akan segera memberikan pertolongan di lokasi kejadian.

2. Tindakan kriminal

Di negeri ini, tingkat kejahatan kriminal masih terbilang tinggi. Saat kamu menjadi korban kejahatan, segera untuk hubungi nomor darurat tersebut agar pihak terkait memberikan pertolongan dengan cepat.

3. Kebakaran

Saat terjadi kebakaran, jika tidak tahu harus menghubungi nomor apa untuk meminta bantuan, kamu cukup hubungi nomor darurat 112 untuk segera mendapatkan bantuan dari unit terkait. Dalam hal ini adalah petugas pemadam kebakaran.

4. Musibah

Selain kejadian-kejadian di atas, nomor tersebut bisa dimanfaatkan untuk segala bentuk musibah. Misalnya, ular masuk rumah, pembasmian sarang tawon, dan musibah-musibah lainnya.

5. Kecelakaan lalu lintas

Resiko kecelakaan bisa menimpa siapa pun. Ketika mengalami kecelakaan lalu lintas, kamu bisa juga hubungi nomor 112 untuk segera meminta bantuan. 

Itulah tadi daftar nomor layanan darurat 112 yang bisa kamu manfaatkan saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

#layanandarurat #bantuan #Bencanaalam #Kecelakaan #sumedang #erksfm #news-erks