Bentuk Karakter Siswa, SMK PGRI 1 Sumedang Gelar Workshop

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 06 November 2020 - 14:11 WIB

Bentuk Karakter Siswa, SMK PGRI 1 Sumedang Gelar Workshop

Bentuk Karakter Siswa, SMK PGRI 1 Sumedang Gelar Workshop — 2 tahun yang lalu


SMK PGRI 1 Sumedang gelar berbagai kegiatan dalam Workshop Penguatan Budaya Kerja bersama Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) melalui bantuan Dari Dirjen Kementerian Pendidikan Vokasi senilai 100 juta rupiah yang dimulai sejak Senin (2/11/2020) sampai Jumat (20/11/2020).

Workshop ini bukan hanya diadakan bagi siswa dan pengajar SMK PGRI 1 Sumedang, tapi juga bagi SMK PGRI 2 Sumedang, SMK YPPS, Bhakti Nusantara, SMK pemuda 2 juga SMK Informatika Sumedang.

Kegiatan ini dilangsungkan dengan tujuan membentuk karakter lulusan SMK sebagai generasi penerus bangsa yang bukan hanya profesional tapi juga berakhlak baik serta berbudaya Indonesia. Selain karakter, kegiatan ini juga bertujuan untuk menempa budaya kerja dalam kepribadian siswa khususnya lulusan SMK.

Ketua Pelaksana kegiatan Workshop, Kusmana Sidik, menjelaskan budaya kerja adalah cara pandang seseorang dalam memberi makna terhadap kerja dan meyakini nilai-nilai yang dimilikinya terhadap kerja.

“Selain berkeyakinan kuat, seseorang dengan budaya kerja selalu memiliki semangat yang tinggi dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkan prestasi di bidang kerjanya masing-masing,” jelas Kusmana.

Esensi Budaya Kerja ini juga disalurkan melalui pelatihan / Diklat untuk tenaga pendidik serta sosialisasi kepada siswa dengan pemateri merupakan perwakilan dari SMK PGRI 1 Sumedang, PT Techx Innovations Indonesia, PT. Hasta Prima Indonesia, dengan moderator perwakilan dari SMK PGRI 1 Sumedang.

“Mengenai konsep workshop itu sendiri, kami menggunakan dua sistem yakni sistem daring (online) dan luring (tatap muka). Meski begitu kami menyarankan untuk melalui daring saja dan akan kami bagikan LMS (Learning Management System) untuk akses para peserta workshop,” ujar Kusmana.

Sementara itu, susunan acara workshop adalah sebagai berikut:

1. Workshop Penyusunan Budaya Kerja 2-3 November 2020

2. Diklat Kepada Sekolah Ibas, serta Guru dan pegawasi SMK PGRI 1 Sumedang 9-10 November 2020

3. Sosilaisai Kepada Siswa SMK PGRI sumedang dan Siswa Sekolah Imbas 16 s/d 20 November 2020 (di sekolah masing-masing).

#pgri #SMKPGRI1Sumedang #budayakerja #workshop #november #erksfm #sumedang