Bendungan Semantok Diharapkan Mampu Meningkatkan Produksi Pertanian

Ajat Sudrajat

 - 

Wednesday, 21 December 2022 - 13:00 WIB

Bendungan Semantok Diharapkan Mampu Meningkatkan Produksi Pertanian

Bendungan Semantok Diharapkan Mampu Meningkatkan Produksi Pertanian — 1 bulan yang lalu


Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, pada Selasa (20/12/2022). 

Dalam peresmian tersebut Jokowi berharap keberadaan Bendungan Semantok ini bisa memberikan manfaat bagi para petani di Kabupaten Nganjuk.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pada siang hari ini Bendungan Semantok, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur saya nyatakan dibuka secara resmi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemerintah telah memulai pembangunan bendungan dan waduk sejak 2015 lalu. Peresmian Bendungan Semantok ini merupakan bendungan yang ke-30 dari target sekitar 50-60 bendungan pada akhir 2024.

Pembangunan bendungan dan waduk disebutnya menjadi kunci utama bagi sektor pertanian. Bendungan juga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata, listrik, dan lainnya.

"Oleh sebab itu, semakin banyak bendungan yang kita bangun, kita harapkan produksi pertanian kita semakin baik juga kesejahteraan petani juga semakin baik," ujar Jokowi.

Bendungan Semantok dibangun sejak 2017 dengan anggaran Rp 2,5 triliun. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung hingga 30,26 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare yang bisa mengairi sawah sekitar 1.900 hektare.

"Inilah yang kita harapkan nantinya dengan bendungan ini mestinya yang di bawah yang nantinya terairi kalau biasanya panen sekali bisa panen dua kali, kalau biasanya panen dua kali bisa panen tiga kali. Biasanya nggak bisa ditanami padi misalnya bisa panen 2 kali atau 3 kali," kata Jokowi.

#PresidenJokowi #BendunganSemantok #Pertanian #sumedang #erksfm #news-erks