Benarkah Vitamin B Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru? Ini Penjelasannya

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 26 January 2023 - 08:00 WIB

Benarkah Vitamin B Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru? Ini Penjelasannya

Benarkah Vitamin B Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru? Ini Penjelasannya — 2 minggu yang lalu


Selama ini banyak orang yang berasumsi bahwa mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin B yang tinggi bisa meningkatkan risiko menderita kanker paru-paru. 

Berangkat dari hal tersebut, para peneliti dan pakar di bidang kesehatan telah melakukan berbagai macam kajian dan penelitian untuk mengetahui apakah benar bahwa dua hal tersebut ternyata memiliki hubungan selama ini.

Berdasarkan artikel Healthline.com, ternyata sejumlah penelitian memang menghasilkan kesimpulan bahwa ada beberapa jenis vitamin B yang diketahui meningkatkan resiko terkena penyakit kanker paru-paru. 

Tiga jenis vitamin B tersebut adalah vitamin B6, B9, dan B12. Padahal jika ditarik lebih jauh, vitamin B bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan, multivitamin, dan suplemen.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019 menunjukkan hasil bahwa orang-orang yang memiliki kadar B12 tinggi dalam darah, ternyata berisiko 15% lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru. 

Hasil penelitian tersebut memang bikin was-was, oleh karena itu National Institutes of Health memberikan saran dan anjuran untuk dosis minimal konsumsi vitamin B bagi orang-orang.

Anjuran tersebut tentu menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena dalam beberapa kasus tak sedikit orang yang membutuhkan asupan vitamin B agar menjaga tubuh mereka tetap sehat. 

Sejauh ini asupan vitamin B termasuk B6 dan B12 sangat diperlukan oleh penderita anemia, lansia, orang dengan riwayat penyakit autoimun, dan golongan vegetarian.

Menurut lembaga tersebut batas minimal mengonsumsi vitamin B6 adalah sebesar 1,3 mg per hari, sementara itu untuk vitamin B12 adalah 2,4 gram per hari. 

Namun agar lebih aman, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk dosis terbaik dalam mengonsumsi vitamin B dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, bagi kalian yang masih belum tahu sumber makanan yang mengandung banyak vitamin B didalamnya, berikut ini informasi lengkapnya.

Makanan yang mengandung vitamin B6

1. Daging babi

2. Daging sapi

3. Ayam

4. Kacang kedelai

5. Pisang

6. Susu sapi

Makanan yang mengandung vitamin B9

1. Nasi putih

2. Sorgum

3. Asparagus

4. Alpukat

5. Pepaya

6. Telur

7. Ragi untuk roti

Makanan yang mengandung vitamin B12

1. Tuna

2. Salmon

3. Susu sapi

4. Tempe

5. Keju

6. Telur

Demikian informasi penting terkait konsumsi vitamin B yang disinyalir menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan risiko menderita kanker paru-paru. 

Pastikan agar kalian selalu teliti dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi agar kandungan gizi yang diperlukan tetap terkontrol dan aman bagi kesehatan tubuh. 

#VitaminB #Kesehatan #Kanker #Paru-paru #sumedang #erksfm #news-erks