Belum Ada Penyaluran STB Gratis di Sumedang, Ini Alasan Diskominfo

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 08 November 2022 - 09:40 WIB

Belum Ada Penyaluran STB Gratis di Sumedang, Ini Alasan Diskominfo

Belum Ada Penyaluran STB Gratis di Sumedang, Ini Alasan Diskominfo — 1 bulan yang lalu


Set top box (STB) untuk warga miskin belum disebar di Kabupaten Sumedang meski Analog Switch-Off (ASO) untuk siaran televisi analog telah dimulai 2 November 2022 lalu.

Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumedang mengatakan, masih menunggu instruksi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI perihal piranti untuk membuat televisi analog bisa menangkap siaran digital itu.

"Kami diberi tugas untuk memverifikasi data penerima STB. Kami sudah lakukan bersama Disdukcapil dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Kami sudah serahkan kembali data itu ke Kemenkominfo," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Sumedang, Saeful Amin di Jatinangor, Senin (7/11/2022). 

Setelah data dikirimkan kembali ke Kemenkominfo sejak empat bulan lalu, penyaluran bantuan STB belum ada kelanjutan lagi. 

"Dalam usulan yang telah tervalidasi di tingkat desa, ada 59.809 penerima STB di Sumedang," kata Saeful. 

Saeful mengatakan, pihaknya telah sering berkomunikasi dengan sejumlah staf di Kemenkominfo menanyakan perihal penyaluran STB itu. 

"Sudah juga kami berkirim surat, tapi belum ada progres dan itu berarti belum ada penyaluran STB," katanya. 

Dia mengatakan, calon penerima STB didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Di antara kriteria penerima adalah keluarga miskin.

Satu keluarga berhak atas satu STB. 

"Yang melakukan distribusi adalah penyedia STB sendiri, kami monitoring saja. Kami juga adakan posko pengaduan di Kantor Diskominfo. Dipersilakan untuk memanfaatkan layanan itu, baik dengan datang langsung ke posko maupun melalui telepon," katanya. 

#STB #ASO #Diskominfo #sumedang #erksfm #news-erks