Belitung Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pertemuan Maritim Tingkat Dunia

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 18 November 2022 - 08:00 WIB

Belitung Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pertemuan Maritim Tingkat Dunia

Belitung Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pertemuan Maritim Tingkat Dunia — 2 minggu yang lalu


Kabupaten Belitung bakal menjadi tuan rumah pertemuan maritim tingkat dunia atau World Ocean Assesment (WOA) 2022. Pertemuan ini akan menghadirkan para ahli kelautan dunia. 

Penunjukan Belitung sebagai tuan rumah WOA dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

"WOA 2022 adalah pertemuan para periset atau ahli kelautan di dunia mereka akan melakukan semacam penilaian dan mencari solusi terhadap permasalahan kelautan dan kemaritiman di Indonesia," ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie di Tanjungpandan, Jumat (18/11/2022). 

Menurutnya, WOA 2022 akan berlangsung pada 12-15 Desember 2022. Setidaknya ada 22 negara maritim di dunia yang akan menghadiri perhelatan itu.

"Jumlah delegasi yang diperkirakan hadir di Belitung mencapai 100 orang berasal dari sejumlah negara di dunia," katanya.

Dia menuturkan, pemilihan Belitung sebagai tuan rumah WOA adalah kebanggaan tersendiri. Belitung siap menyambut kedatangan delegasi dari negara-negara peserta WOA. 

"Belitung sebagai venue WOA 2022 harus bersiap menunjukkan keramahan, kebersihan dan keindahan alam Belitung seperti yang kami tampilkan pada Development Ministerial Meeting G20 lalu," katanya. 

Di antara kegiatan yang direncanakan dalam WOA 2022 yakni jamuan makan malam, penanaman koral, pelepasan tukik, dan menyaksikan matahari terbenam.

Delegasi juga akan mengunjungi Museum Maritim untuk melihat koleksi barang muatan kapal tenggelam (BMKT) di wilayah perairan Belitung tempo dulu. 

"Kami akan menyajikan kekuatan budaya maritim kita. Di sana akan ada narasi dan penjelasannya," ujarnya.

#KabupatenBelitung #TuanRumah #PertemuanMaritimTingkatDunia #sumedang #erksfm #news-erks