
Belajar Copywriting untuk Pemula , Simak Panduannya! — 4 bulan yang lalu
Siapa yang tidak tertarik dengan iklan iklan menarik yang beredar di media sosial,media cetak, dan elektronik lainnya Dalam pemasaran digital, kita sering mendengar istilah copywriting. Peran copywriting sangatlah vital. Copywriting adalah ujung tombak dalam pemasaran digital. Namun, apa itu copywriting? yuk kita simak penjelasannya untuk para pemula. Copywriting (bahasa Indonesia: naskah iklan) adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan dan disebarluaskan untuk kepentingan komersial.
Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Penulis naskah iklan lazim disebut copywriter, sedangkan naskah atau teksnya disebut dengan copy atau copywriting. Copywriting juga bisa berarti kegiatan menulisnya. Mungkin teman teman sering menyadari atau berpikir sejenak, kalau artikel atau tulisan-tulisan berupa ajakan dalam iklan penjualan barang atau jasa tidak dibuat dengan sembarangan. Tulisan-tulisan ajakan tersebut dibuat oleh mereka yang khusus bekerja dalam penulisan pemasaran. Mereka adalah copywriting atau seringkali
penulisnya disebut copywriter. Tugas copywriting adalah menjadi penghubung antara penjual atau pengiklan dengan pembeli atau konsumen melalui media tulisan, audio, gambar, video, atau jenis konten lainnya.
Dikutip dari laman American Writers and Artist Institute (AWAI), copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan.
Untuk bisa menjadi seorang copywriter handal apa saja yang harus dipelajari? simak rangkuman materi untuk belajar copywriting dengan mudah untuk para pemula.
1. Pelajari produknya
Tahap pertama dalam belajar copywriting adalah Anda harus mengenali produknya terlebih dahulu. Ini menjadi kunci utama dalam belajar copywriting pemula.Pelajari kelebihan dan kekurangan dari produk yang akan Anda jual tersebut kamu juga perlu mencari keunikan dari produk yang membedakan dengan produk kompetitor Tugas pertama Anda adalah mempelajari produk secara lengkap, jika perlu buatkan list tentang product knowledge seperti berikut ini:
-Informasi dasar produk
-Desain produk
-Komposisi produk
- Proses pembuatan
- Cara pengunaanya
- Masa pakai
- Harga
- Perbandingan dengan kompetitor
- Manfaat
- Keunikan produk
2. Riset kebutuhan konsumen
Lakukan riset tentang apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen. Karena copywriting yang akan Anda buat nanti ditujukan kepada konsumen, jadi materi yang dibuat harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tujuan dari riset kebutuhan konsumen ini agar produk yang dijual bisa menjawab kebutuhan konsumen. Agar mendapatkan data yang valid, Anda bisa menggunakan metode survei langsung kepada konsumen. Nah dari hasil riset inilah nantinya semua data dikumpulkan dan dibuat kesimpulan menjadi materi untuk membuat copywriting.
3. Buat headline menarik
Belajar copywriting ketiga adalah praktek membuat headline yang menarik minat pembaca. Kriteria headline yang baik adalah tidak terlalu panjang dan bertele-tele, kuncinya headline harus menarik. Headline akan menjadi objek yang akan dilihat oleh calon konsumen pertama kali daripada konten. Untuk itu kualitas copywriting skill Anda diuji disini, apakah dari copywriting ini bisa menarik minat konsumen untuk membukanya. Agar menarik, Anda bisa menyertakan 3 hal berikut yang terbukti ampuh menarik minat pembaca:
unakan data dan angka
Riset menyebutkan bahwa headline bisa menyumbangkan 50% dari keseluruhan konten yang Anda buat. Jika Anda gagal dalam membuat headline yang menarik maka Anda berpotensi kehilangan banyak konsumen disini.
Berikan alasan
Terkadang banyak orang yang membuat headline dengan istilah dan kata-kata yang sulit dimengerti, sedangkan pembaca tidak mengetahuinya. Yang membuat pembaca tertarik adalah apa saja manfaat yang akan didapatkannya. Beberapa kata-kata yang sering digunakan dalam membuat headline seperti: Alasan, Tips. Fakta, Rahasia, Strategi, Cara, Ide dan sebagainya.
Call to Attention
Tujuan utama headline dibuat adalah menarik pembaca, untuk itu setiap headline yang dibuat harus diberikan call to action kepada pembaca.
4. Buat copy yang berkualitas
Tentunya agar headline yang dibuat maksimal, maka Anda harus mengkombinasikan dengan membuat copy yang berkualitas. Dalam urutan pembuatan agar pembaca tidak pergi, maka usahakan membuat paragraf pembuka yang menarik. Ada beberapa cara dalam membuat paragraf pertama menarik dengan menyisipkan rasa empati, membeberkan fakta dan membuat audiens penasaran. Selanjutnya dalam penulisan materi copy, gunakan bahasa yang sederhana mudah dipahami. Tidak perlu menggunakan kata yang jarang dipakai saat berkomunikasi sehari-hari. Untuk panjang
kalimat usahakan tidak terlalu panjang dan juga untuk satu paragraf cukup 2-3 kalimat saja agar enak saat membaca. Gunakan kata ganti orang pertama “Anda/kamu” agar seolah-olah tulisan yang Anda buat berbicara langsung dengan pembaca. Copywriting yang lebih personal akan menghasilkan konversi yang lebih besar. Dalam penulisan copy memang seharusnya Anda menyebutkan fitur-fitur yang dimiliki. Namun jangan terpaku pada fitur-fitur yang dimiliki, sebutkan manfaat serta kelebihan produk yang dimiliki dibandingkan dengan kompetitor.
5. Call to Action
materi terakhir dalam belajar copywriting adalah memberikan kalimat-kalimat call to action kepada konsumen. Kalimat CTA beragam jenisnya tergantung dari goals yang Anda buat. Contoh kalimat call to action seperti subscribe sekarang, silahkan beli, daftar sekarang, klik disini, daftarkan diri Anda segera, hubungi Kami dan lain sebagainya.
Nah bagimana teman teman apakah tertarik untuk belajar copywriting? yuk segera memulai, pekembangan digital semakin pesat persaingan semakin banyak sudah saatnya kita memulai dari langkah langkah kecil.
Sumber referensi : https://www.gramedia.com/literasi/copywriting/#:~:text=Copywriting , https://qwords.com/blog/belajar-copywriting-untuk-pemula/