Andalkan Bios 44, Kodim 0610/Sumedang Gelar Demplot

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 25 August 2020 - 15:20 WIB

Andalkan Bios 44, Kodim 0610/Sumedang Gelar Demplot — 2 tahun yang lalu


eRKSNews -- Komandan Kodim 0610/Sumedang  Letkol Inf Zaenal Mustofa bersama Sekda kabupaten Sumedang  H.Herman Suryatman dan instansi terkait serta masyarakat Desa Naluk, melakukan tanam jagung perdana di lokasi demplot Kodim 0610/Sumedang di Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Selasa(25/08/2020).

Demplot atau Demontrasi Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian pada petani, dengan cara membuat lahan percontohan.

Tujuannya, agar petani bisa melihat dan membuktikan objek yang didemonstrasikan secara langsung.

Bios 44
Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lain-lain, yang disesuaikan dengan demografi wilayah.

Demplot yang digunakan Kodim 0610/Sumedang merupakan lahan gambut bekas galian pasir yang diolah menggunakan pupuk Bios 44.

Pupuk Bios pernah terbukti dapat merubah lahan gambut di wilayah Sumatera Selatan jadi lahan yang lebih produktif.

Alhasil, lahan dapat ditanami berbagai jenis tanaman. Selain itu, Bios 44 juga merupakan pupuk hayati yang bersumber dan diproduksi secara lokal, yang terbentuk dari gabungan mikroorganisme.

Mikroorganisme ini mampu memproduksi endospore yang tahan terhadap faktor lingkungan, serta kuat berada di lingkungan ekstrim dalam jangka waktu lama tanpa meninggalkan residu kimia.
 

Bernilai Ekonomis Tinggi
Dalam sambutannya, Dandim 0610/Sumedang  mengatakan, kegiatan tanam jagung Demplot merupakan jenis tanaman bernilai ekonomis tinggi. Untuk itu, penanaman jagung yang baik perlu diperhatikan.

Kodim sudah mendapatkan perintah dari Komando atas untuk membuat dan membuka lahan untuk diolah jadi Demplot pertanian dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian.

Selain itu, juga menjadi percontohan bagi kelompok tani serta masyarakat yang lainnya.

“Ini juga sebagai pendukung salah satu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam menyukseskan program swasembada tanaman pangan,” kata Dandim.

Dalam kesempatan itu, Sekda Sumedang mengucapkan terimakasih pada Kodim 0610/Sumedang karena ikut  menyukseskan program swasembada pangan dari Pemerintah.
 

Atasi Kesulitan Ekonomi
“Semoga tanaman demplot jagung ini berdampak pada peningkatan, pengetahuan dan keterampilan petani, sehingga ke depannya, produktivitas tanaman jagung di Sumedang makin meningkat, dan bisa mendongkrak  pendapatan masyarakat terutama, dari sektor pertanian, serta mengatasi kesulitan ekonomi saat kondisi pandemi,” harap Sekda.

Tampak hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang, Danyonif Raider 301/PKS, Kapolsek Cimalaka, Camat Cimalaka, Kepala UPT Pertanian se- Kabupaten Sumedang, Kepala Desa Naluk dan Citimun, perwakilan Babinsa dari tiap Koramil jajaran Kodim 0610/Sumedang.

Sementara itu, di sela kegiatannya yang cukup padat, Dandim Zaenal Mustofa masih menyempatkan diri untuk menyebarluaskan informasi mengenai hal ini melalui tayangan live melalui LPPL eRKS 106,1 FM, Selasa (25/8/2020).

#sumedang #Dandim #Kodim0601