Anak Umur 12 Tahun ke Bawah Dilarang Pakai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Ini Aturannya!

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 29 May 2022 - 07:31 WIB

Anak Umur 12 Tahun ke Bawah Dilarang Pakai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Ini Aturannya!

Anak Umur 12 Tahun ke Bawah Dilarang Pakai Sepeda Listrik di Jalan Raya, Ini Aturannya! — 4 bulan yang lalu


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangkaraya, Alman Pakpahan, menjelaskan teknis aturan penggunaan sepeda listrik yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 44 Tahun 2022.

Pasalnya, kerap dijumpai Anak di bawah umur menggunakan sepeda listrik melintas jalan raya tanpa menggunakan alat pelindung kepala atau helm.

Hal itu dianggap membahayakan pengendara itu sendiri dan pengendara lain yang melintas di jalan raya yang padat kendaraan lalu lalang.

Melihat kondisi itu, Alman Pakpahan menjelaskan, setiap orang yang menggunakan kendaraan tertentu dengan penggerak listrik diwajibkan untuk mentaati ketentuan yang berlaku.

"Ketentuan tersebut terdiri dari, wajib menggunakan helm dan usia penggunaan harus paling rendah 12 tahun," ujar Alman Pakpahan, Sabtu (28/5/2022).

Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan tersebut, sepeda listrik tidak diperbolehkan untuk dimodifikasi daya listrik dan kecepatan kendaraan.

Pengendara juga tidak diperkenankan untuk mengangkut penumpang, jika sepeda listriknya tidak memiliki kursi penumpang. Karena akan sangat membahayakan keselamatan.

Untuk area operasi kendaraan tersebut adalah di lajur sepeda atau lajur yang disediakan khusus dan dapat beroperasi di trotoar, namun harus memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain-pejalan kaki.

Kecepatan maksimal untuk hoverboard, unicycle, dan otopet dapat beroperasi hanya 6 kilometer per jam.

Sedangkan skuter listrik dan sepeda listrik dapat beroperasi dengan kecepatan maksimal 25 kilometer per jam.

Kendaraan listrik lazimnya beroperasi di kawasan tertentu yaitu pemukiman, lokasi car free day, kawasan wisata, area sekitar sarana angkutan umum sebagai integrasi moda, area kawasan perkantoran, dan area di luar jalan.

"Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin tengah menyusun surat edaran terkait penggunaan sepeda listrik dan akan segera disosialisasikan kepada masyarakat," pungkas Alman Pakpahan.

#AnakUmur12Tahun #Dishub #Palangkaraya #SepedaListrik #Keselamatan #jalanRaya #sumedang #erksfm #news-erks