Aksi Tolak Omnibus Law Tutup Akses Tol Cileunyi

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 20 October 2020 - 17:47 WIB

Aksi Tolak Omnibus Law Tutup Akses Tol Cileunyi — 2 tahun yang lalu


Gabungan Serikat Pekerja dan mahasiswa yang tergabung dalam Front Rakyat Membatalkan Omnibus Law (FORMO) bergerak leliling Jalan Raya Bandung Garut, dan menutup akses Jalan Tol Cileunyi, Selasa (20/10/2020).

Ratusan buruh Sumedang berjalan kaki dengan membawa panji, menyisir sejumlah perusahaan yang ada di kawasan Jalan Raya Rancaekek, untuk mengajak buruh lainnya bergabung.

Peserta aksi ini terdiri FPPB-KASBI Bandung Raya, PEPPSI-FSPPI, GOBSI, SEKAR, KSPN, SPN, AGRA Wilayah Jawa Barat, FMN Cabang Bandung Raya, BEM REMA UPI, UKSK UPI, PEMBARU Ranting Majalaya-Ciparay, dan ASOEMSI.

Menurut Dayat Hidayat, Ketua Persatuan Perjuangan Pekerja Seluruh Indonesia (PEPPSI), FORMO menolak tegas dan meminta pemerintah membatalkan UU Cipta Kerja.

"Kami menentang dan menolak pemberlakuan Omnibus Law UU Cipta Kerja, serta menuntut rezim Jokowi untuk membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja secara keseluruhan tanpa syarat," ungkapnya.

"Kami menyerukan pada seluruh rakyat Indonesia guna menolak pengesahan UU Cipta Kerja, dan terus berjuang mewujudkan reformasi agraria dan industri nasional, demi kesejahteraan rakyat," katanya.

Di tempat yang sama, Asep Budiman, Ketua DPC Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) melalui Sambas Zaenudin mengatakan, aksi unjuk rasa ini mendapat pengawalan ratusan aparat TNI-Polri.

“Kami akan tetap berjuang demi masa depan kaum buruh. Selama 3 hari ke depan, yakni tanggal 20, 21, dan 22, aksi akan tetap kami lakukan,” sebutnya.

Aksi ini didukung juga oleh mahasiswa IKOPIN, LPPMD UNPAD, Komunitas Pasar Gratis Jatinangor, Rancaekek Unite, PMII Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kabupaten Bandung, Tim Medis Universitas Bhakti Kencana, dan Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Uninus.

Saat dzuhur para peserta beristirahat. Sebagian terlihat main bola di jalan raya. Ada juga yang main kartu remi ada sambil mendengarkan musik. (*)

#Demo #Unjukrasa #Mahasiswa #Buruh #UU