Ada Penyalahgunaan Fungsi Lahan, Warga Mekarbakti Tersulut Emosi

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 23 March 2021 - 05:53 WIB

Ada Penyalahgunaan Fungsi Lahan, Warga Mekarbakti Tersulut Emosi

Ada Penyalahgunaan Fungsi Lahan, Warga Mekarbakti Tersulut Emosi — 2 tahun yang lalu


Warga Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang tersulut emosi menyaksikan pembangunan fondasi dan teknis penambangan tanpa dilengkapi Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) di wilayahnya.

Menurut Kabid Penegakan Perundangan-undangan Daerah pada Satpol-PP Kabupaten Sumedang Yan Mahal Rizzal, pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap penanggung jawab aktivitas tersebut, atas pengaduan warga.

“Sudah diminta membuat pernyataan dan berita acara untuk menghentikan kegiatan tersebut, karena belum memiliki izin operasional,” katanya, Senin (22/3).

Namun, faktanya, kegiatan tersebut terus berjalan, dan setelah dicek kelapangan sudah ada fondasi.

“Kegiatan pembangunan dan teknis penambangan itu berbahaya, karena kondisi tebing yang begitu curam. Dikhawatirkan terjadi longsoran,” sambung Rizal.

Selanjutnya pada 21 Maret 2021 lalu, emosi warga memuncak, dan ingin komunikasi dengan pemilik tanah khususnya termasuk penanggung jawab kegiatan, yang pada akhirnya difasilitasi oleh tiga pilar kecamatan dan desa.

“Telah dibuatkan berita acara dan surat pernyataan yang pada prinsipnya pemilik akan mengajukan permohonan perizinan dan menghentikan kegiatan,” pungkasnya[*]

#satpolpp #fondasi #sumedang #erksfm #news-erks