Ada Domestik dan Internasional, Berikut 12 Rute Penerbangan Bandara Kertajati Majalengka

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 04 April 2023 - 11:05 WIB

 Ada Domestik dan Internasional, Berikut 12 Rute Penerbangan Bandara Kertajati Majalengka

Ada Domestik dan Internasional, Berikut 12 Rute Penerbangan Bandara Kertajati Majalengka — 1 tahun yang lalu


Rencana pengoperasian Bandara Kertajati Majalengka semakin dekat, termasuk 12 rute penerbangan domestik juga internasional yang akan dilayani sejumlah maskapai.

Rencana dibukanya penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, seiring dengan perkembangan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu). 

Diperkirakan Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan beroperasi pada Mei 2023 nanti. Hal itu, sesuai dengan koordinasi terakhir antara PT BIJB (Perseroda), perwakilan maskapai, dan ground handling dengan pihak PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). 

Semula, BIJB Kertajati akan membuka penerbangan tersebut pada April 2023. Lantaran Tol Cisumdawu awalnya diperkirakan akan selesai pada akhir Bulan Maret. Namun, rencana ini harus mundur lantaran belum selesainya pembangunan akses penghubung Bandung - Majalengka itu.

VP Corporate and Secretary PT BIJB, Dian Nurrahman sempat mengatakan, untuk tahap awal ada 8 penerbangan yang akan dibuka ke sejumlah rute domestik. Di samping penerbangan umrah yang juga sudah berjalan.

"Tentunya menjadi harapan kita semua ketika Tol Cisumdawu beroperasi, Bandara Kertajati kembali aktif melayani penerbangan domestik dan internasional," demikian disampaikan dalam publikasi PT BIJB.

Berikut gambaran 12 rute penerbangan dari Bandara Kertajati Majalengka:

Kertajati – Kualanamu, MedanKertajati – PalembangKertajati – PadangKertajati – PekanbaruKertajati – KepriKertajati – BatamKertajati – PontianakKertajati – BanjarmasinKertajati – BalikpapanKertajati – SurabayaKertajati – Denpasar, BaliKertajati – Lombok

Selain rute penerbangan itu, BIJB Kertajati juga melayani penerbangan untuk umrah. Kemudian pada Juni 2023, melayani penerbangan untuk jemaah haji dari wilayah Cirebon Raya ditambah Sumedang dan Subang. 

Menariknya, untuk penerbangan internasional, selain Maskapai Malaysia Airlines yang sudah berkomunikasi dengan PT BIJB, ada yang lebih dulu mengajukan izin. 

Yakni, AirAsia Berhard yang telah mendapatkan surat dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan. Penerbangan yang dimaksud adalah Kertajati - Kuala Lumpur, Malaysia PP. 

Penerbangan dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur dibuka mulai 17 Mei sampai dengan 25 Oktober 2023. Kendati demikian, maskapai tersebut belum membuka pemesanan tiket.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni menyatakan, dibukanya penerbangan AirAsia Berhard dari Bandara Kertajati Majalengka menjadi tanda bahwa industri penerbangan kembali pulih.

Terutama untuk penerbangan luar negeri atau internasional. Tentu saja, pembukaan rute ini diharapkan diikuti oleh maskapai lainnya.

"Ini jadi pertanda industri penerbangan Indonesia, terutama rute luar negeri sudah pulih sejak pandemi covid-19," kata Kristi, dalam rilis tertulis yang dilansir dari Antara, Sabtu, 1, April 2023.

Dalam keterangannya, Kristi mengimbau agar Maskapai AirAsia senantiasa mematuhi aturan keselamatan dan keamanan penerbangan juga protokol kesehatan.

Kristi juga berharap agar pembukaan kembali penerbangan internasional di Bandara Kertajati Majalengka, dapat meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian di Provinsi Jawa Barat.

Tentunya, seiring dengan selesainya pembangunan Tol Cisumdawu, patut dinantikan terkait dengan rencana pembukaan kembali rute  penerbangan dari Bandara Kertajati Majalengka.

#bandarakertajati #jawabarat #majalengka #rutepenerbangan #sumedang #erksfm #news-erks