7 Kebiasan Sehat Penduduk Jepang yang Bikin Panjang Umur, Sudah tahu?

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 14 January 2023 - 08:00 WIB

7 Kebiasan Sehat Penduduk Jepang yang Bikin Panjang Umur, Sudah tahu?

7 Kebiasan Sehat Penduduk Jepang yang Bikin Panjang Umur, Sudah tahu? — 1 bulan yang lalu


Memiliki tubuh yang sehat dan prima merupakan dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, tentu akan meningkatkan kualitas hidup seseorang. 

Bayangkan saja bila Anda jatuh sakit berapa banyak waktu, tenaga dan biaya yang Anda korbankan untuk memperoleh kesehatan. Tentunya tidak ada seorang pun yang ingin jatuh sakit, setiap orang pasti selalu mengupayakan agar tubuhnya selalu sehat.

Saat ini sudah banyak masyarakat yang sudah menerapkan gaya hidup sehat, makan–makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Hal ini dilakukan demi upaya mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. 

Berdasarkan laman dataindonesia.id pada tahun 2021 negara Jepang berada di posisi pertama sebagai negara dengan indeks kesehatan terbaik di dunia. 

Penduduk Jepang memiliki kesejahteraan hidup yang baik karena ditunjang oleh kesehatan mereka yang berkualitas. Maka, tak heran bila rata-rata penduduk jepang memiliki umur yang panjang dan jarang terserang penyakit.

Dalam kesehariannya penduduk Jepang menerapkan kebiasaan yang menunjang kesehatannya. Dilansir kanal YouTube Samurai Matcha penduduk jepang memiliki 7 kebiasaan yang membuat tubuh mereka sehat dan bugar. Apa saja kebiasaan sehat mereka? Yuk simak!

1. Mandi setiap hari

Mandi merupakan rutinitas harian yang sering dilakukan. Dengan mandi kita membersihkan diri kita dari virus, kuman dan bakteri yang dapat memicu suatu penyakit. Mandi juga membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. 

Di Jepang banyak sekali dijumpai pemandian air panas. Penduduk Jepang menyukai mandi air panas karena bermanfaat untuk kesehatan mereka. 

Mandi dengan air panas dapat membantu memperlancar peredaran darah, membuat tubuh lebih rileks dan dapat mengurangi nyeri otot di tubuh. 

2. Menjaga kebersihan

Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang selalu terjaga kebersihannya. Dalam lingkungan yang bersih kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Virus, bakteri dan hewan-hewan yang membawa berbagai macam penyakit tinggal pada lingkungan yang kotor. Penduduk Jepang percaya bahwa kebersihan merupakan bagian dari kepercayaan mereka. 

Maka, tak heran bila kita sering melihat negara Jepang selalu bersih dan terawat. Dengan menjaga kebersihan lingkungan akan menjadi bersih dan sehat serta nyaman untuk ditempati.

3. Olahraga ringan di pagi hari

Sejak tahun 1928 pemerintah Jepang menerapkan kebijakan untuk melakukan kegiatan olahraga ringan di pagi hari. Hal ini dilakukan agar penduduknya memiliki tubuh yang sehat dan bugar. 

Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan penduduk Jepang, untuk selalu berolahraga ringan di pagi hari. Saat ini sudah banyak negara lain yang meniru kebiasaan ini, karena memang terbukti menjaga kesehatan penduduknya.

4. Bangun pagi lebih awal

Penduduk Jepang memiliki kebiasaan untuk selalu menyambut pagi dan berdoa. Ini merupakan bagian dari kepercayaan mereka. Pada pagi hari udara masih segar dan kaya akan oksigen. 

Hal ini membuat tubuh mereka menjadi lebih segar dan bugar. Selain itu pada pagi hari pancaran sinar matahari memberikan asupan vitamin D yang baik untuk tubuh.

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Penduduk Jepang selalu mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan Jepang selain rasanya enak, ternyata sehat dan bergizi tinggi. Dalam satu porsi menu makanan Jepang terdiri dari berbagai macam bahan, seperti sayuran, ikan, buah-buahan dan nasi. 

Dalam satu porsi menu makanan jepang terdapat karbohidrat, vitamin, mineral dan protein yang mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh mereka.

6. Minum matcha

Matcha merupakan teh jepang yang mengalami proses khusus. Kandungan matcha banyak terkandung antioksidan, katekin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Kebiasaan penduduk Jepang minum matcha setiap pagi membawa dampak positif untuk kesehatan mereka. Dengan minum matcha setiap hari, dapat membuat umur lebih panjang dan jarang jatuh sakit.

7. Mendaki gunung

Penduduk Jepang gemar sekali mendaki gunung. Maka, tak heran bila sering melihat orang-orang yang sudah berumur tua masih senang mendaki gunung di setiap minggunya. 

Mendaki gunung merupakan aktivitas kardio yang melatih otot kaki, jantung dan paru-paru. Dengan mendaki gunung membuat tubuh menjadi sehat dan kuat.

#Kebiasaansehat #PendudukJepang #panjangUmur #Kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks