7 Cara Mengusir Cicak Agar Tak Berkeliaran di Dalam Rumah

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 10 October 2022 - 13:53 WIB

7 Cara Mengusir Cicak Agar Tak Berkeliaran di Dalam Rumah

7 Cara Mengusir Cicak Agar Tak Berkeliaran di Dalam Rumah — 2 bulan yang lalu


Binatang cicak yang masuk ke dalam rumah memang menjengkelkan. Meski tidak menggigit, cicak termasuk hewan kotor dan berisiko menularkan bakteri penyebab penyakit.

Tak heran banyak orang mencari cara mengusir cicak dalam rumah supaya binatang reptil ini tidak mencemari rumah. Terutama jika makanan atau minuman yang terbuka sampai kecolongan terkena cicak.

Salah satu bakteri yang ditemui dalam tubuh cicak adalah Escherichia Coli atau E. Coli. Bakteri E.Coli dikenal sebagai sumber penyebab utama sakit perut, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

Penyebab Cicak Masuk ke Dalam Rumah

Mengutip Housing, ada beberapa hal yang membuat cicak masuk ke dalam rumah. Berikut penyebab di rumah Anda banyak cicak.

- Terdapat celah-celah terbuka di rumah, seperti lubang pinggiran pintu, ventilasi udara, atau jendela yang terbuka lebar.

- Cicak juga tertarik masuk ke rumah karena mencium sisa-sisa makanan. Misalnya dari tempat sampah dapur, lemari pendingin, atau makanan yang tergeletak jatuh di lantai.

- Hewan reptil seperti cicak tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri sehingga mereka lebih suka pada ruangan yang hangat, termasuk dalam rumah.

- Apabila rumah Anda kotor, berantakan, dan banyak menumpuk barang-barang tidak terpakai, bisa jadi sebagai sarang cicak karena mereka lebih suka bersembunyi.

- Cicak dapat masuk ke rumah karena ingin mencari air untuk menjaga metabolisme tubuhnya.

Cara Mengusir Cicak Dalam Rumah

Selain menggunakan alat perangkap khusus, cara mengusir cicak dalam rumah bisa dengan trik sederhana seperti berikut.

1. Menaruh bawang ke sudut rumah

Bawang merah, putih, atau bombay, memiliki aroma tajam yang khas. Bau tersebut ternyata tidak disukai cicak.

Cukup siapkan beberapa potong bawang-bawangan, lalu diletakkan ke sudut yang sering dilewati atau menjadi tempat persembunyian cicak.

2. Semprotan merica

Menyemprotkan merica atau lada dipercaya ampuh mengusir cicak dari dalam rumah. Semprotan merica ini selayaknya insektisida alami.

Cara membuat semprotan merica sangat mudah. Ambil merica bubuk secukupnya dan dilarutkan ke dalam air. Masukkan ke botol spray, kemudian semprot ke arah cicak yang akan masuk ke rumah supaya langsung pergi.

3. Pakai kamper atau kapur barus

Kamper atau kapur barus tak hanya berguna untuk penghilang bau, tetapi bisa digunakan sebagai antihama, termasuk efektif untuk membasmi cicak. Sama seperti bawang, aroma kamper yang tajam sangat dibenci cicak.

Anda dapat meletakkan beberapa butir kamper atau kapur barus ke ujung lemari, sudut pintu, atau kolong lemari dapur. Tapi pastikan jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Memakai cangkang telur

Cangkang telur bisa bantu usir cicak yang berkeliaran di rumah. Disarankan untuk menggunakan cangkang kulit telur rebus. Sebab, cangkang telur rebus mengeluarkan bau seperti belerang yang tidak disukai cicak.

Apabila Anda selesai merebus telur, cangkangnya jangan dibuang. Cukup simpan di area sekitar tempat yang sering dihinggapi cicak sampai hewan reptil tersebut kabur.

5. Menjaga kebersihan rumah

Rumah yang kebersihannya terjaga tentu dapat terhindar dari kedatangan cicak. Mulai sekarang, jangan pernah membiarkan sampah di dalam rumah menumpuk.

Cek kembali setiap celah lubang di rumah, pastikan ditutup rapat. Jika ada sisa makanan basi segera buang dan tidak dibiarkan begitu saja, jaga makanan di rumah selalu tertutup rapat.

6. Kontrol suhu ruangan dalam rumah

Cicak lebih suka pada ruangan dengan suhu hangat. Di samping itu, cicak justru tidak suka pada suhu ruangan terlalu dingin.

Pada ruangan ber-AC, Anda dapat memasang suhu di angka 22 derajat Celcius. Suhu tersebut dinilai efektif untuk menghalau cicak masuk.

7. Semprot dengan insektisida

Cara mengusir cicak dalam rumah bisa dengan insektisida khusus. Tapi, pemakaiannya harus diperhatikan dan cukup semprot ke sudut-sudut yang sering didatangi cicak.

Saat melakukan penyemprotan insektisida, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan pastikan tidak ada makanan atau minuman yang terbuka.

#Cicak #CaraMengusirCicakDalamRumah #sumedang #erksfm #news-erks