7 Cara Memperbaiki Diri supaya Jadi Pribadi yang Lebih Bermutu

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 18 October 2022 - 11:56 WIB

7 Cara Memperbaiki Diri supaya Jadi Pribadi yang Lebih Bermutu

7 Cara Memperbaiki Diri supaya Jadi Pribadi yang Lebih Bermutu — 1 bulan yang lalu


Kita semua bebas menentukan pilihan, juga bebas mendesain hidup seperti apa yang kita mau. Tapi sayangnya, dengan kebebasan tersebut, tidak menjamin kebaikan untuk diri kita. 

Kita bisa saja menjadi lebih buruk karena pilihan kita sendiri. Jika sudah begitu, bagaimana cara memperbaiki diri kita? Bisa kita mulai dari sejumlah cara berikut ini.

1. Perbaiki ibadah

Awali langkah perbaikan dirimu dengan memberbaiki ibadahmu. Sebab, ibadah memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan kita. 

Selain dapat menentramkan hati kita, ibadah yang kita lakukan merupakan salah satu cara agar Tuhan mau menghapus dosa-dosa kita. 

Dengan memperbaiki kualitas ibadah, kita berharap agar Tuhan mau menuntun kita menuju kehidupan yang kita inginkan. 

2. Mulai hidup sederhana

Menyederhanakan hidup dinilai efektif untuk menjadikan hidup kita terasa lebih bahagia. Sebab, dengan menyederhanakan hidup, secara tidak langsung kita juga turut menyederhanakan masalah dan meminimalisir drama yang biasa terjadi di sekitar kita. Dampaknya pada diri kita, tentu mampu meredam stres.

3. Bangun lebih pagi

Seseorang yang bangun tidurnya lebih pagi biasanya cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik dan perasaan bahagia. Tapi, kamu juga harus tidur lebih awal dan jangan bergadang. 

Dengan bangun lebih pagi, kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk memulai aktivitas harian, sehingga akan semua pekerjaan di pagi hari akan dapat selesai tepat waktu. 

4. Membaca buku

Buku merupakan jendela duniamu, melalui buku kamu dapat mempelajari berbagai hal tentang menjadi pribadi lebih baik yang dapat mengubah hidupmu. 

Membaca buku juga menjadi salah satu cara untuk membangun pengembangan diri yang baik. Sebab, ilmu pengetahuan yang kita dapat dari buku-buku yang kita baca akan mengubah pola pikir dan tingkah laku kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

5. Evaluasi keuangan

Hampir semua yang kita inginkan pasti membutuhkan uang untuk mewujudkannya. Sadari hal itu, dan mulailah belajar mengelola uang. 

Pastikan pendapatan selalu lebih besar dari pengeluaranmu. Jika tidak, segera evaluasi keuangan dan semua perilaku yang berkaitan dengan keuanganmu. Dengan begitu, kamu dapat segera memperbaiki keadaan. 

6. Journaling

Bagi sebagian orang, menulis jurnal masih menjadi hal yang aneh. Tapi percayalah, mengekspresikan diri ke dalam sebuah tulisan kan membuat mental dan pikiranmu lebih sehat dari pada sebelumnya. 

Tulislah apapun yang ingin kamu tulis, tanpa aturan yang baku. Coba lakukan dulu setiap hari selama seminggu, kemudian rasakan manfaatnya. 

7. Skincare routine

Tidak peduli apa pun gender-mu, merawat diri merupakan salah satu cara kita untuk lebih mensyukuri nikmat yang Tuhan beri. 

Buang saja stigma tentang laki-laki tidak pantas memakai skincare yang terlanjur beredar di sekitar kita. Diri kita, tubuh kita dan juga kulit kita adalah modal dari Tuhan yang harus kita jaga kondisinya. 

Maka, mulailah biasakan merawat diri, karena seringkali keberuntungan berpihak pada orang yang good looking

Awalnya memang berat, tapi kamu harus yakin bahwa memang itulah cara untuk meningkatkan kualitas dalam dirimu. 

Ingat, lakukan dengan niat yang baik, sungguh-sungguh, dan konsisten dengan apa yang telah kamu mulai. Semoga bermanfaat. 

#CaraMemperbaikiDiri #PribadiyangLebihBermutu #sumedang #erksfm #news-erks