6 Keuntungan Meditasi untuk Kesehatan

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 08 August 2022 - 16:16 WIB

6 Keuntungan Meditasi untuk Kesehatan

6 Keuntungan Meditasi untuk Kesehatan — 2 bulan yang lalu


Meditasi merupakan cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang untuk menenangkan pikiran. Kamu bisa mencoba sewaktu-waktu jika sedang stres. Namun apakah kamu tahu bahwa meditasi juga memiliki beberapa keuntungan untuk kesehatan, lho.

Merangkum Lifehack, berikut adalah 6 keuntungan untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata menengakan pikiran secara teratur bisa membantumu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah diserang oleh penyakit. 

Ini juga telah dibuktikan dari sebuah penelitian dan studi yang dijelaskan bahwa kelompok yang melakukan meditasi mendapatkan risiko paling rendah terhindar dari penyakit.

Meskipun masih belum tahu bagaimana cara kerjanya, namun sepertinya ini karena meditasi bisa mengurangi stres sehingga tubuh menjadi siap untuk melawan penyakit. 

Diingatkan bahwa meditasi tidak bisa membuatmu tidak sakit, tetapi ini adalah pencegahan yang baik agar tetap sehat.

2. Mengurangi Stres

Pastinya setiap orang pernah mengalami yang namanya stres, termasuk kamu. Tidak peduli seberapa besar tingkat stres yang kamu rasakan, baik kecil maupun besar, bisa merusak mental dan fisikmu. 

Maka dari itu kamu harus mencari cara untuk mengendalikannya, salah satu caranya adalah dengan meditasi.

Pola dan gaya hidup yang sehat bisa saja terbentuk karena kamu melakukan meditasi secara teratur, pikiran pasti akan lebih jernih dan kamu akan merasa jauh lebih segar dari sebelumnya. 

Meditasi juga bisa merubah gaya hidup menjadi lebih baik dengan dampak jangka panjang.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pastinya kamu pernah merasa dengan tidur bisa merubah dan meningkatkan suasana hati dan ini berfungsi secara efektif. 

Istirahat pada malam hari sangat penting untuk menjalani aktivitas pada hari berikutnya. Jikalau kesulitasn untuk tidur, kamu bisa melakukan meditasi untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Sebuah tinjauan pada tahun 2018 dari 18 studi tentang meditasi, termasuk total 1654 peserta, menemukan bahwa meditasi meningkatkan kualitas tidur.

4. Menurunkan Sel Penuaan

Meskipun meditasi tidak dapat membuatmu awet muda, kamu bisa mengurangi kecepatan sel penuaan pada dirimu yang pada akhirnya membusuk. 

Mungkin saja ini adalah bagian dari mekanisme meditasi dengan meningkatkan keberadaan telomerase yang merupakan enzim yang melindungi gen dari penuaan.

Pengaruh stres yang berkurang juga bisa menjadi salah satu alasannya. Keberadaan telomerase bisa meningkat karena kurangnya tekanan hidup dan rasa sejahtera yang meningkat.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan meditasi bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Ini karena aliran darah pada otak yang meningkat dan peningkatan memori yang jelas. 

Dengan melakukan meditasi setiap hari bisa menunjukkan peningkatan memori yang signifikan dalam memori jangka panjang.

6. Menurunkan Kecemasan

Rasa cemas pernah dirasakan oleh setiap manusia pada waktu-waktu tertentu. Walau bisa diobati atau hilang dengan sendirinya, sebagian orang menjadikan kecemasan sebagai sumber kekhawatiran utama. 

Bahkan kecemasan dalam tingkat ringan bisa berdampak secara signifikan pada kebahagiaan dan kemampuan seseorang.

Ada beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan, tapi tidak ada cara yang sesederhana meditasi. 

Sebuah tinjauan pada tahun 2010, terdapat 39 penilitian yang melibatkan 1.140 peserta dan menyimpulkan bahwa meditasi memiliki dampak positif dalam mengurangi kecemasan.

Itulah keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan meditasi. Semoga informasi di atas bisa membantumu supaya bisa mendapatkan hidup yang lebih sehat.

#Meditasi #kesehatan #keuntungan #sumedang #erksfm #news-erks