5 Tips Belanja Online agar Aman dan Gak Kecewa, Jangan Sampai Tertipu!

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 14 April 2023 - 08:00 WIB

5 Tips Belanja Online agar Aman dan Gak Kecewa, Jangan Sampai Tertipu!

5 Tips Belanja Online agar Aman dan Gak Kecewa, Jangan Sampai Tertipu! — 1 tahun yang lalu


Di zaman sekarang, banyak orang yang lebih memilih belanja online daripada datang ke offline store. Tak heran, teknologi yang semakin canggih sudah bisa membuat kegiatan berbenja menjadi lebih mudah.

Barang yang dijual secara online pun cukup lengkap. Mulai dari pakaian, kebutuhan sehari-hari, makanan, perlengkapan rumah tangga dan masih banyak lagi. 

Belanja online menjadi pilihan yang tepat karena selain praktis bisa lebih hemat waktu dan biaya.

Tetapi berbelanja online juga menimbulkan risiko, seperti barang yang dipesan tidak sesuai gambar, kualitas produk buruk dan pembeli bisa juga mengalami penipuan.

Oleh karena itu, sebelum memilih berbelanja secara online harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini 5 tips berbelanja online yang aman dan gak bikin kecewa.

1. Cek Reputasi Penjual

Salah satu tips belanja online yang aman adalah dengan melihat reputasi penjual. Sebelum memutuskan untuk checkout barang, sebaiknya cek terlebih dahulu reputasi penjualnya.

Misalnya dengan melihat apakah toko aktif atau tidak, sudah berapa lama toko buka, atau bisa juga dengan melihat rating toko dari pembeli sebelumnya.

2. Pilih Sistem COD (Cash on Delivery)

COD atau Cash on Delivery adalah proses pembayaran saat barang sudah sampai ke tangan pembeli. Istilah ini lebih dikenal dengan bayar ditempat. Hindari melakukan pembayaran dengan sistem transfer jika calon pembeli masih ragu dengan kemanan toko.

3. Cek Review Produk

Setiap toko online biasanya menyediakan tempat bagi para pembeli untuk memberikan ulasan produknya. Nah, dengan melihat review dari para pembeli sebelumnya dapat meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian barang saat datang.

Apabila banyak pembeli memberikan ulasan positif alias memuaskan, maka jangan ragu untuk langsung checkout. Sebaliknya jika menurut mereka produk kurang bagus, sebaiknya cari toko lain aja deh.

4. Melihat Gambar dan Deskripsi Barang

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, sebaiknya calon pembeli harus mengecek gambar produk dan deskripsi terlebih dahulu untuk memastikan apakah barang sudah sesuai dengan apa yang pembeli inginkan. Ini adalah hal yang penting yang tidak boleh diabaikan.

Misalnya saat ingin membeli baju, cek deskripsi untuk mengetahui ukuran dan bahan yang digunakan. Banyak pembeli yang merasa produknya tidak sesuai dengan yang mereka inginkan karena mengabaikan deskripsi barang sebelum checkout.

5. Cek Harga di Pasaran

Toko online biasanya menawarkan harga produk yang sama dengan harga pasar. Tetapi bisa juga lebih rendah atau lebih tinggi tetapi selisihnya tidak jauh.

Tetapi apabila ditemukan produk yang menawarkan harga lebih tinggi atau lebih rendah bahkan bisa dibilang sampai setengah harga, bisa jadi itu adalah penipuan dan produk tidak original.

#5TipsBelanjaOnline #agarAmandanGakKecewa #COD #sumedang #erksfm #news-erks