5 Langkah Hindari Modus Penipuan di Internet, Cek Kebenaran!

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 09 March 2023 - 08:00 WIB

5 Langkah Hindari Modus Penipuan di Internet, Cek Kebenaran!

5 Langkah Hindari Modus Penipuan di Internet, Cek Kebenaran! — 1 tahun yang lalu


Modus penipuan bisa terjadi di mana saja, tak terkecuali pada ponsel yang kita gunakan tiap waktu ini. Oleh karenanya, semakin kita akrab dengan ponsel dan internet, semakin juga kita harus waspada jika ada sesuatu yang mencurigakan.

Sudah banyak kasus penipuan yang terjadi di internet, modusnya punbermacam-macam, kebanyakan tujuannya adalah untuk mendapat uang.

Penipu biasanya akan memberikan iming-iming supaya bisa menarik banyak orang untuk percaya padanya. Setelah itu, barulah mereka melancarkan aksi untuk mendapat keuntungan sepihak.

Supaya kita lebih waspada dan berhati-hati, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari modus penipuan di internet.

1. Berhati-hati dengan Nomor yang Tidak Dikenal

Baru-baru ini ada modus penipuan baru yakni dengan menggunakan sebuah tautan yang dikirim via chat pribadi WhatsApp, penipu mengaku tautan tersebut berisi resi paket.

Jika kamu menemukan hal semacam ini sebaiknya berhati-hati, jangan asal membuka tautan yang disebar oleh orang yang tidak kamu kenal.

2. Cek Kebenaran

Sebelum menggunakan aplikasi atau website apa saja, terutama menyangkut soal keuangan dan data penting, usahakan untuk selalu mengecek kebenaran dari aplikasi atau website tersebut.

Caranya bisa dengan browsing di internet atau YouTube, melihat testimoni, dan bertanya pada teman. Jika sudah ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik jangan mencobanya.

3. Tidak Membagikan Informasi Mengenai Akun

Hanya kamu yang berhak mengetahui isi dari akunmu, termasuk kata sandi dan kode OTP. Akun apa pun yang kamu miliki entah itu media sosial, m-banking, atau e-wallet, usahakan untuk tidak memberitahukannya kepada siapa pun, terlebih pada orang yang tidak dikenal.

4. Aktifkan Mode Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah ini tujuannya adalah untuk melindungi akun dari ancaman pembobolan. Jadi selain menggunakan kata sandi, kita juga akan diminta untuk memasukkan kode berupa angka yang akan dikirim melalui email atau nomor telepon yang sudah kita daftarkan.

Dengan mengaktifkan mode verifikasi dua langkah ini, kamu akan tahu dengan aktivitas login akun kamu.

5. Tidak Sembarangan Memasukkan Data Penting

Jangan sembarangan memasukkan data penting seperti nomor KTP, buku rekening, KK, dan sebagainya.

Kalaupun data tersebut harus digunakan, pastikan website atau aplikasi yang kamu gunakan itu sudah terjamin keamanannya, sehingga data-data tersebut tidak bocor.

Nah itulah 5 tips menghindari modus penipuan di internet, semoga bermanfaat.

#Moduspenipuan #ponsel #CekKebenaran #cara #NomoryangTidakDikenal #sumedang #erksfm #news-erks