5 Hal yang Jangan Dilakukan saat Bermain Futsal Selain Melanggar Aturan, Sudah Tahu?

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 15 November 2022 - 12:54 WIB

5 Hal yang Jangan Dilakukan saat Bermain Futsal Selain Melanggar Aturan, Sudah Tahu?

5 Hal yang Jangan Dilakukan saat Bermain Futsal Selain Melanggar Aturan, Sudah Tahu? — 2 minggu yang lalu


Futsal merupakan salah satu olahraga yang mirip dengan olahraga sepak bola, tapi memiliki lapangan yang lebih kecil dan hanya membutuhkan lima pemain dalam satu tim. 

Aturan dalam permainannya pun berbeda dengan aturan sepak bola, dari mulai waktu sampai jenis pelanggaran.

Futsal banyak digemari oleh kalangan remaja hingga dewasa, bahkan sudah banyak perlombaan futsal yang diadakan di setiap kampung.

Selain itu, tempat yang bisa kita gunakan untuk bermain futsal juga sudah banyak disediakan, dari mulai yang beralaskan rumput sintetis ataupun karpet karet dengan permukaan yang lembut.

Dalam olahraga futsal ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan guna menghindari risiko buruk yang bisa saja terjadi. Nah, berikut 5 hal yang jangan dilakukan saat bermain futsal, selain melanggar aturan.

1. Bermain dengan Perut Penuh

Hindari bermain futsal tepat setelah makan, kondisi perut yang masih penuh bisa membahayakan tubuh kita. Proses pencernaan bisa terganggu oleh pergerakan kita, dari mulai berlari sampai terjatuh.

Hal ini bisa membuat kita memuntahkan kembali makanan yang baru saja kita santap, bahkan kita bisa merasakan nyeri di ulu hati. Berikan jeda waktu setidaknya satu sampai dua jam setelah makan untuk bermain futsal.

2. Egois

Salah satu tindakan egois dalam futsal adalah, kita tidak mau bergantian dengan teman yang juga ingin ikut main. Hal ini bisa membuat teman lainnya kesal dengan kita, apalagi jika mereka mengeluarkan uang yang sama untuk iuran menyewa lapangan.

Meskipun kita merasa lebih jago daripada teman yang lain, kita tidak boleh egois dengan terus ingin bermain. Bergantilah dengan teman yang sudah menunggu di luar pangan, hargai mereka yang juga ingin bermain. 

3. Provokasi Lawan

Memprovokasi lawan memang terkadang bisa memberikan kita keuntungan dalam bermain futsal, misalnya dengan mengatakan sesuatu yang tidak disukai oleh salah satu pemain dari tim lawan.

Hal seperti ini bisa membuatnya kehilangan konsentrasi dan bermain buruk, kita pun bisa dengan mudah mengalahkannya dalam duel-duel yang terjadi.

Namun, alangkah baiknya kita menghindari hal ini, karena memprovokasi lawan bisa membuat lawan dan teman-temannya emosi kepada kita. Tentunya kita tidak ingin permainan futsal kita berubah jadi Smack Down. 

4. Menghina Permainan Buruk Teman Kita

Mungkin ada teman kita yang selalu bermain buruk, meski begitu, kita tidak boleh menghinanya, sebab dia bisa saja kalah mental dan malah menunjukkan permainan yang semakin buruk.

Semangatilah teman kita yang bermain buruk dan tetap berikan kepercayaan dengan memberikannya umpan, hal ini bisa memotivasinya untuk bermain dengan lebih baik lagi.

5. Tidak Pakai Sepatu Futsal

Salah satu perlengkapan paling penting dalam olahraga futsal adalah sepatu futsal. Sepatu futsal memberikan kita kenyamanan pada saat menggiring bola ataupun menendang.

Tanpa menggunakan sepatu futsal, kaki kita bisa saja terinjak teman atau lawan yang memakai sepatu dan membuat kita cidera.

Itulah 5 hal yang jangan dilakukan saat bermain futsal, selain melanggar aturan. Jadikan hobi kita yang satu ini menjadi hobi yang positif untuk dijalani, sehingga terasa nyaman untuk dinikmati oleh teman-teman ataupun lawan. 

#Futsal #HalyangJanganDilakukan #Provokasi #Egois #sumedang #erksfm #news-erks