5 Daftar Negara yang Pernah Diguncang Gempa Bumi Dahsyat

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 13 February 2023 - 08:00 WIB

5 Daftar Negara yang Pernah Diguncang Gempa Bumi Dahsyat

5 Daftar Negara yang Pernah Diguncang Gempa Bumi Dahsyat — 1 bulan yang lalu


Beberapa waktu lalu gempa bumi yang terjadi di Negara Turki dengan magnitudo 7,8 SR di Provinsi Gaziantep menyebabkan banyak bangunan runtuh serta ribuan orang tewas. 

Negara Turki terletak di persimpangan tiga lempeng tektonik yaitu: Lempeng Anatolia, Lempeng Afrika, dan Lempeng Arab. 

Karena letak geografisnya, menyebabkan negara ini kian rawan dilanda gempa bumi. Gempa yang terjadi di Turki merupakan salah satu gempa yang bisa dikatakan memiliki guncangan yang dahsyat.

Adapun tidak hanya Turki yang pernah mengalami bencana gempa bumi yang dahsyat, namun beberapa negara ini menjadi salah satu yang rentan terancam guncangan gempa bumi. 

Berikut 5 negara yang pernah mengalami guncangan gempa bumi yang dahsyat:

1. Jepang

Sudah bukan rahasia umum jika Negara Jepang sering dilanda gempa. Letaknya yang di dekat ring of fire Pasifik membuat negara ini sangat rawan akan gempa bumi. 

Negara Jepang setidaknya telah mengalami gempa sebanyak 1500 kali setiap tahunnya. Namun, tercatat pada tahun 2011 gempa terdahsyat yang terjadi di Tohuko merupakan gempa yang paling besar dengan kekuatan 9,1 SR sampai menimbulkan bencana alam tsunami.

Dampak yang ditimbulkan oleh gempa ini adalah sebanyak lebih dari 15.000 orang tewas dan ribuan bangunan rusak tersapu oleh tsunami. 

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut, banyak bangunan yang dibangun dengan desain tahan gempa di Jepang. 

2. Chili

Pada tahun 1960 Negara Chili juga pernah diguncang gempa dahsyat yang bermagnitudo 9,5 SR. Gempa bumi tersebut hingga menyebabkan gelombang tsunami. 

Gempa ini juga termasuk ke dalam gempa terkuat yang pernah tercatat dan disebut juga dengan Gempa Valdivia karena diambil dari kota terdekat dari pusat gempa. Akibat dari gempa tersebut menghancurkan bangunan dimana-mana.

3. Peru

Negara ini terletak pada Lempeng Amerika Selatan serta Nazca, sehingga rawan menjadi ancaman oleh gempa. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini menjadi salah satu negara yang sering dilanda gempa. 

4. Indonesia

Sama seperti Jepang, letak geografis Indonesia dikelilingi oleh ring of fire pasifik membuatnya rentan terjadi gempa. Gempa bumi dahsyat pernah terjadi di Negara Indonesia.

Pada tahun 2004 tepatnya bulan desember gempa bumi terjadi di daerah Aceh. Kekuatan yang dihasilkan oleh gempa ini mencapai sebesar 9,1 SR. 

Dampak dari gempa tersebut hingga menimbulkan gelombang tsunami yang dirasakan di negara India dan Sri Lanka. 

5. Rusia

Rusia pernah dilanda gempa yang cukup dahsyat. Pada tahun 1952 sebuah guncangan gempa dengan magnitudo sebesar 9,0 mengguncang di Kamchatka.

Saat gempa bumi ini terjadi, getarannya hingga terasa di Hawai. Akibat gempa ini negara Rusia menjadi salah satu negara yang pernah dilanda gempa yang cukup dahsyat.

Nah itulah 5 negara yang pernah mengalami bencana alam gempa bumi yang dahsyat. Rata-rata negara di atas memiliki letak geografis yang dikelilingi oleh cincin pasifik, sehingga membuat negara tersebut rawan akan mengalami guncangan gempa bumi.

#Negara #GempaBumi #Jepang #Indonesia #Dasyat #sumedang #erksfm #news-erks