4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kamar oleh Kaum Rebahan, Simak Yuk!

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 17 January 2023 - 08:00 WIB

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kamar oleh Kaum Rebahan, Simak Yuk!

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Kamar oleh Kaum Rebahan, Simak Yuk! — 1 bulan yang lalu


Selain uang, sehat merupakan investasi seumur hidup yang penting. Sebab sehat itu tidak bisa dibeli, dan menjadi impian banyak orang. 

Siapa sih yang nggak mau punya badan sehat nan kuat. Karena itu menjaga kesehatan sangatlah vital bagi semua orang baik muda sampai tua.

Cara agar memiliki kesehatan yang mantap adalah dengan selalu menyeleksi asupan yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya mengatur kalori, memperbanyak protein, mengonsumsi lemak sehat, makan buah, dan melengkapi asupan vitamin tubuh.

Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang dan kebetulan sedang musim pancaroba alias hujan terus atau selalu berubah-ubah, maka 'sehat' harus diprioritaskan. Selain memperhatikan asupan tubuh, cara untuk menggapai kesehatan adalah dengan olahraga.

Teratur dalam bergerak alias olahraga akan meningkatkan imun tubuh. Bukan hanya itu berolahraga juga memberikan kesempatan untuk membentuk tubuh. Laki-laki bisa kelihatan kekar dan maskulin, sedangkan perempuan akan lebih seksi dan terbentuk lagi.

Namun karena pandemi pula, pergerakan manusia menjadi terbatas. Tidak bisa sebebas dulu lagi dalam berolahraga, bahkan lebih sering di dalam kamar. Mungkin dulu masih bisa bangun pagi, pakai sepatu, siapkan musik, lalu olahraga.

Sekarang mungkin hanya bangun pagi, eh makan. Atau lanjut tidur. Ya sebenarnya tidak salah sih. Toh kan lagi musim pandemi juga. Menjaga diri dari virus sekarang menjadi nomor satu untuk semua orang. 

Walaupun begitu, asupan pangan dan olahraga sebaiknya harus tetap jalan. Jangan khawatir, berikut beberapa olahraga yang mudah untuk dilakukan di kamar anda.

1. Push-Up

Jika anda beranggapan bahwa push-up hanya membentuk otot lengan saja maka anda salah besar. Ya nggak sepenuhnya salah sih, benar juga. Tapi selain otot lengan saja, push-up juga membentuk bahu, dada, perut, bahkan juga ke paha.

Bahu dan dada anda akan semakin bidang dan lebar yang dijamin akan membuat cewek klepek-kelepek. Dan lagi, push-up juga sedikit demi sedikit akan meratakan perut serta mendorong keluarnya roti sobek dari perut!

Tentu saja harus secara rutin ya, dan jangan berlebihan. Kalau anda belum bisa push-up sempurna, maka lakukan yang biasa saja dulu. Kalau kamar anda terlalu kecil, anda juga bisa melakukan wall push up. 

2. Plank

Pada dasarnya plank hampir tidak ada bedanya dengan push-up. Bedanya, saat melakukan plank anda tidak perlu naik turun. Cukup ambil posisi push up, tarik perut kedalam, tegakkan punggung, dan tahan selama yang anda bisa.

Walau kedengarannya simpel, tapi jangan menganggapnya enteng kawan. Melakukan plank sama saja dengan anda menahan seluruh beban badan anda. Plank bahkan lebih efektif dalam membakar lemak. Tidak tanggung-tanggung ada tiga bagian tubuh yang akan terbakar saat plank.

Perut, lengan, dan tubuh bagian bawah. Penelitian juga menunjukkan bahwa plank dengan durasi lama jauh lebih efektik ketimbang jogging.

3. Lompat Tali

Kalau anda memang dasarnya orang yang tidak suka lari atau olahraga berat tapi ingin olahraga yang sama efektifnya, maka lompat tali adalah jawabannya. Gampang kok, cukup tari tali atau sesuatu yang panjang dan mulailah mengayunkan depan-belakang sambil melompat.

Dari tubuh bagian atas sampai bawah, semuanya akan bergerak dan mengerus lemak anda. Bahkan juga memicu tinggi badan untuk terus bertambah. Melakukan lompat tali semali 30 menit dinilai lebih efektif loh daripada anda jogging.

4. Senam

Sepertinya tidak perlu dijelaskan dan tidak ada lagi keraguan bahwa olahraga yang satu ini memang sangat berkhasiat. Jika anda ingin olahraga yang seru, banyak gerakan di setiap bagian tubuh, dan membakar kalori lebih banyak maka senam jawabannya.

Eit, tenang, anda tidak perlu repot mencari instruktur atau mengeluarkan uang untuk sewa instruktur. Cukup buka Youtube dan cari senam favorit anda. Jangan salah, walaupun banyak bergerak kesana-kemari sangat cocok untuk dilakukan di kamar sendirian.

Itu tadi beberapa olahraga sederhana yang dapat anda lakukan di kamar anda sendirian. Buat yang bertanya kenapa saya membuat khusus untuk olahraga yang bisa dilakukan di kamar, jawabannya adalah karena saya peduli dengan kaum rebahan. Pasti disini ada banyak kaum rebahan, termasuk saya. Maka dari itu bangunlah dari kasurmu dan bergeraklah!

#Kesehatan #Olahraga #KaumRebahan #Kamar #sumedang #erksfm #news-erks