4 Manfaat yang Didapat dari Sikap Tegar, Salah Satunya Senantiasa Mampu Melanjutkan Hidup

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 11 September 2022 - 08:00 WIB

4 Manfaat yang Didapat dari Sikap Tegar, Salah Satunya Senantiasa Mampu Melanjutkan Hidup

4 Manfaat yang Didapat dari Sikap Tegar, Salah Satunya Senantiasa Mampu Melanjutkan Hidup — 3 bulan yang lalu


Sikap tegar merupakan salah satu modal penting untuk dapat menjalani kehidupan dengan baik. Sebab, kehidupan ini sering tidak mudah untuk dijalani. 

Kadang kita merasakan suka, kadang pula mengalami duka yang membuat kita sulit untuk bangkit.

Sikap tegar akan memberikan berbagai manfaat, terutama dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. 

Yuk, simak satu per satu manfaat yang didapat dari sikap tegar berikut ini.

1. Senantiasa mampu melanjutkan hidup

Orang yang tegar akan tabah dalam menjalani kehidupan, terutama ketika ujian dan cobaan menimpa. 

Ia akan selalu memiliki harapan bahwa ujian dan cobaan tersebut akan ada saatnya berakhir selama ia menjalaninya dengan sabar, karenanya ia mampu untuk terus melangkah ke depan.

Selain itu, orang yang tegar juga akan menyikapi kebahagiaan dan kesedihan dengan sewajarnya. Sebab, ia tahu, semua hal yang ada dalam hidup bersifat sementara, termasuk kedua hal tersebut.

2. Dapat menjadi sandaran bagi orang-orang di sekitarnya

Orang yang bersikap tegar akan mampu menjadi sandaran dan menjadi sumber kekuataan bagi orang-orang di sekitarnya di masa-masa sulit.

Ia tak hanya mampu menopang dirinya sendiri dalam menjalani kehidupan, tapi menjadi tumpuan untuk mereka yang disayangi agar tetap tegak berdiri dan melangkah, walau terasa begitu berat.

Tidak hanya itu, seseorang yang tegar juga akan menjadi teladan. Ketegaran yang ia miliki akan menjadi kisah dan contoh yang baik bagi orang lain.

3. Tidak mudah goyah

Orang yang tegar akan lebih tahan banting ketika menerima ucapan atau perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang lain.

Ia tidak mudah dibuat terpuruk. Saat orang lain sibuk mencari cara untuk menjatuhkannya, ia justru sibuk untuk terus memperbaiki diri dan melakukan yang terbaik.

Selain itu, ketegaran yang dimiliki oleh seseorang akan membuatnya mampu berpegang teguh pada prinsip hidupnya. Ia tidak mudah goyah atau terpengaruh oleh ucapan orang lain.

4. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Sikap tegar dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Ketika melakukan kesalahan, ia akan siap menanggung konsekuensinya sebagai bagian dari pertanggungjawabannya.

Demikian empat manfaat yang didapat dari sikap tegar. 

Semoga kita termasuk ke dalam orang-orang yang bersikap tegar, sehingga kita akan lebih tangguh dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan.

#Sikaptegar #Manfaat #Hidup #sumedang #erksfm #news-erks