4 Fakta Menarik Proliga 2023, Fans Bola Voli Wajib Tahu!

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 09 January 2023 - 17:48 WIB

4 Fakta Menarik Proliga 2023, Fans Bola Voli Wajib Tahu!

4 Fakta Menarik Proliga 2023, Fans Bola Voli Wajib Tahu! — 1 bulan yang lalu


Ajang kompetisi bola voli paling bergengsi di Indonesia yakni Proliga 2023 telah resmi digelar mulai 5 Januari 2023. Proliga musim ini diikuti oleh 8 tim putra dan 6 tim putri. 

Adapun yang menjadi juara bertahan adalah Jakarta LavAni Allo Bank untuk kategori putra dan Bandung BJB Tandamata pada kategori putri.

Selain persaingan untuk menjadi klub voli terbaik di tanah air, terdapat pula beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu sebelum menyaksikan Proliga. Berikut ini adalah 4 fakta menarik dari kompetisi Proliga musim 2023:

1. Merupakan musim ke-21 Proliga

Proliga 2023 ini akan menjadi musim ke-21 kompetisi bola voli profesional paling bergensi di tanah air tersebut sejak pertama kali digelar pada 2002 silam. 

Pemegang rekor juara terbanyak pada kompetisi putra adalah Surabaya BIN Samator dengan 7 gelar. 

Sementara untuk kompetisi putri telah dijuarai oleh 7 tim berbeda dengan Jakarta Elektrik PLN mendominasi kejuaraan dengan raihan 6 gelar.

2. Diselenggarakan di 8 kota seluruh Indonesia

Untuk musim Proliga 2023 ini akan diselenggarakan di 8 kota dan 9 gelanggang olahraga di seluruh Indonesia. Kedelapan kota tersebut adalah Bandung, Banyumas, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta.

Gresik dan Yogyakarta menjadi 2 kota yang menyelenggarakan dua pekan Proliga 2023. Adapun putaran pertama, kedua, dan babak semifinal masing-masing dilaksanakan selama 3 pekan sebelum akhirnya babak final digelar pada 18-19 Maret 2023 di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

3. Terdapat tim baru yang akan mengikuti Proliga 2023

Terdapat 3 tim baru yang siap meramaikan persaingan untuk menjadi juara di Proliga 2023. Adapun ketiga klub anyar tersebut adalah Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, dan Jakarta BIN. 

Jakarta Bhayangkara Presisi dan Jakarta STIN BIN akan berkompetisi di kategori putra sedangkan Jakarta BIN akan meramaikan perebutan juara di kategori putri.

4. Pergantian nama peserta Proliga 2023

Selain masuknya tim baru, terdapat pula 3 tim yang melakukan pergantian nama. Ketiga klub yang berganti nama mulai dari Surabaya Bhayangkara Samator yang mengubah namanya menjadi Surabaya BIN Samator setelah menjalin kerjasama dengan Badan Intelijen Negara. 

Kemudian Jakarta LavAni Allo Bank yang berpindah markas ke Jakarta setelah sebelumnya bermain di Bogor. Selanjutnya Jakarta Popsivo Polwan yang pada musim ini tampil tanpa sponsor.

Mulai dari Proliga 2023 yang merupakan musim ke-21 sejak pertama kali digelar pada 2002 silam, masuknya tim baru hingga pergantian nama tim merupakan fakta menarik dalam Proliga 2023. 

Menarik dinantikan siapakah klub yang akan menjadi kampiun pada kompetisi bola voli paling prestisius di tanah air tersebut.

#kompetisibolavoli #Proliga2023 #faktamenarik #sumedang #erksfm #news-erks