4 Cara Jaga Kesehatan Prostat agar Terhindar dari Penyakit

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 15 August 2023 - 08:00 WIB

4 Cara Jaga Kesehatan Prostat agar Terhindar dari Penyakit

4 Cara Jaga Kesehatan Prostat agar Terhindar dari Penyakit — 4 bulan yang lalu


Sobat eRKS prostat merupakan sebuah kelenjar yang terletak di dalam panggul, atau lebih tepatnya di bawah kandung kemih. 

Prostat yang normal memiliki ukuran sebesar kacang kenari, yang berperan penting dalam memproduksi cairan pelindung sperma pada pria.

Seiring bertambahnya umur, prostat akan mengalami pembesaran secara normal. Namun, jika ukurannya sudah terlalu besar, maka berisiko tinggi mengalami penyakit. 

Selain faktor umur, ada beberapa hal lain yang bisa memicu penyakit prostat. Misalnya genetik, obesitas, terlalu banyak merokok dan konsumsi alkohol, jarang berolahraga, hingga pola makan yang salah.

Untuk itu, Sobat eRKS perlu melakukan tindakan pencegahan agar tidak terlanjur mengalami penyakit prostat. dilansir dari laman Hearth.org, Health.harvard.edu, vitalrecord.tamhsc.edu, dan Mayoclinic.org berikut ini empat cara menjaga kesehatan prostat agar terhindar dari penyakit.

1. Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, dalam jumlah tinggi secara terus menerus, menjadi salah satu pemicu utama terjadinya penyakit prostat. 

Pasalnya, lemak jenuh memiliki potensi untuk meningkatkan berat badan secara signifikan, hingga mengalami obesitas. 

Disamping itu, Jenis lemak ini juga bisa memicu peningkatan kadar hormon insulin-like growth factor (IGF) dan androgen. Sehingga, risiko kanker prostat akan meningkat. 

Oleh sebab itu, Sobat eRKS disarankan membatasi asupan lemak jenuh dari jeroan, makanan yang digoreng dalam minyak banyak, mentega, margarin, serta makanan ringan kemasan. 

Sebaiknya, terapkan pola makan dengan pedoman gizi seimbang yang bisa mencukupi semua kebutuhan harian Sobat eRKS. 

Pastikan pula kecukupan sayur dan buah dalam menu sehari-hari. Sebab, kedua jenis makanan ini mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang mampu melindungi prostat dari kanker serta penyakit lainnya.

2. Jaga Berat Badan

Selain pola makan, berat badan juga menjadi pemicu dari penyakit prostat. Pasalnya, obesitas bisa memperparah gejala pembesaran prostat jinak hingga peradangan yang memicu pembesaran prostat. 

3. Rutin Berolahraga

Olahraga memang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Selain mengontrol berat badan, olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan organ-organ di dalam tubuh, termasuk prostat.

Ada beberapa metode olahraga yang bisa diterapkan dalam upaya pencegahan penyakit prostat, seperti senam kegel yang bisa mengencangkan otot panggul bawah, aerobik yang mampu mengurangi nyeri prostatitis dan peradangan, serta olahraga angkat beban yang mampu melatih kekuatan otot prostat. 

Sebuah penelitian ilmiah dari BMJ Open turut menjelaskan bahwa olahraga aerobik berpotensi menunda perkembangan kanker prostat dan memperpanjang umur pasien. 

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Studi ilmiah mengungkapkan bahwa Karbonmonoksida yang terdapat dalam rokok berpotensi merusak sel darah merah. Sehingga mengurangi kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen menuju organ prostat.

Disamping itu, kebiasaan merokok juga akan menambahkan radikal bebas ke dalam tubuh, yang dapat menyebabkan mutasi gen dan perkembangan sel kanker dalam prostat.

Sama halnya dengan rokok, alkohol yang mengandung senyawa asetaldehida akan merangsang pertumbuhan sel kanker karena bersifat sebagai radikal bebas. 

Maka, penting bagi Sobat eRKS untuk menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol guna mencegah penyakit prostat.

Itulah tadi empat cara menjaga kesehatan prostat agar terhindar dari penyakit ya Sobat eRKS, semoga bermanfaat!

#Penyakit #Prostat #Kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks