4 Alasan Mengapa Tempe Jadi Makanan yang Sehat dan Bergizi, Yu Simak!

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 25 November 2022 - 08:00 WIB

4 Alasan Mengapa Tempe Jadi Makanan yang Sehat dan Bergizi, Yu Simak!

4 Alasan Mengapa Tempe Jadi Makanan yang Sehat dan Bergizi, Yu Simak! — 2 bulan yang lalu


Seperti yang kamu tahu, tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi atau diurai oleh mikroorganisme. 

Setelah difermentasi, kedelai ditekan agar berbentuk san bisa dikonsumsi sebagai sumber protein vegetarian. Makanan ini bisa disiapkan dalam berbagai cara berbeda dan kaya nutrisi, menjadikannya sumber protein vegetarian yang populer. 

Makanan ini juga merupakan makanan yang bergizi karena telah memberikan manfaat untuk kesehatan.

Merangkum Healthline, berikut adalah 4 alasan mengapa tempa menjadi makanan yang sehat dan bergizi.

1. Banyak Nutrisi

Mungkin jarang orang yang mengetahui ataupun ingin tahu dengan kandungan yang ada di dalam tempe. Ternyata tempe memiliki profil nutrisi yang mengesankan. 

Tempe memiliki kandungan protein yang tinggi vitamin dan juga mineral, tetapi rendah sodium dan karbohidrat. Tempe juga merupakan sumber kalsium bebas susu yang baik. Kandungan lainnya, seperti zat besi, mangan, fosfor, dan magnesium.

2. Pengaruhi Mikrobiota Usus

Makanan fermentasi yang dipasturisasi mungkin mengandung probiotik yang merupakan bakteri menguntungkan yang dapat memberikan manfaat kesehatan saat dimakan. Fermentasi adalah sebuah proses di mana bakteri dan ragi memecah gula. 

Studi telah menemukan bahwa prebiotik meninggalkan pembentukan asam lambung rantai pendek di usus besar ini termasuk butirat yang merupakan sumber utama dari sel-sel yang melapisi usus besar. 

Beberapa bukti juga menunjukkan suplemen prebiotik menyebabkan perubahan menguntungkan pada mikrobiota usus penelitian telah memberikan hasil yang beragam, beberapa mengaitkan asupan prebiotik dengan peningkatan frekuensi buang air besar, pengurangan peradangan, dan peningkatan memori.

3. Mengurangi Kadar Kolestrol

Seperti yang kita tahu bahwa tempe terbuat dari kedelai yang mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut isoflavon yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. 

Sebuah ulasan mengamati 11 penelitian dan menemukan bahwa isoflavon kedelai mampu menurunkan kolesterol total dan LDL jahat secara signifikan. 

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2013 meneliti efek tempe kedelai yang diperkayaan nutrisi pada tikus yang memiliki kerusakan hati dan melalui penelitian tersebut ditemukan bahwa tempe memiliki efek perlindungan pada hati dan mampu membalikan kerusakan sel hati. 

4. Mengurangi Stes Oksidatif

Studi lain menunjukkan bahwa isoflavon kedelai juga memiliki sifat antioksidan dan dapat mengurangi stres oksidatif. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas. Penumpukan radikal bebas berbahaya telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. 

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa isoflavon dapat mengurangi penanda stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh dan studi lain juga menemukan bahwa melengkapi dengan isoflavon kedelai mungkin memiliki efek menguntungkan pada beberapa kondisi kesehatan dan terkait dengan stress oksidatif.

Itulah tadi 4 alasan mengapa tempe menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk mendapatkan makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuh. 

#Tempe #Makananyangsehat #Bergizi #Alasan #sumedang #erksfm #news-erks