3 Tips yang Dapat Kamu Terapkan Supaya Tidak Mudah Pikun

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 15 November 2022 - 12:52 WIB

3 Tips yang Dapat Kamu Terapkan Supaya Tidak Mudah Pikun

3 Tips yang Dapat Kamu Terapkan Supaya Tidak Mudah Pikun — 3 bulan yang lalu


Sering kali kita mendengar kata pikun. Menurut World Health Organization (1992) dalam Jefferies dan Agrawal (2009), pikun atau bahasa ilmiahnya demenisa yaitu sindroma klinis yang meliputi hilangnya fungsi intelektual dan memori yang sedemikian berat sehingga menyebabkan disfungsi hidup sehari-hari. 

Kita sendiri mungkin juga bisa mengalaminya. Nah sebelum terlambat, simak tips yang dapat kamu terapkan supaya tidak mudah pikun berikut: 

1. Gemar membaca

Betul, kegiatan ini sudah dibuktikan ampuh menghindari kepikunan di usia tua nanti. Dilansir dari web berkeluarga.id, ada 6 manfaat membaca buku sebelum tidur salah satunya adalah mencegah kepikunan. 

Dengan rajin membaca buku akan membantu otak kita untuk terus bekerja. Hal inilah yang kemudian membantu kita untuk memiliki daya ingat yang kuat dan dapat sekaligus mencegah pikun. 

2. Mempunyai kapasitas tidur yang cukup

Tidur memang menjadi kebutuhan setiap manusia. Namun juga menjadi kegiatan untuk mengistirahatkan pikiran dan fisik kita setelah bergerak seharian. 

Dikutip dari www.guesehat.com  mengenai manfaat tidur yang berkualitas yaitu dengan tidur yang cukup kesehatan memori otak kita akan terjaga dan meningkatkan memori untuk bertahan dalam jangka panjang. 

Hal ini tentu diimbangi dengan olahraga yang cukup, mangatur waktu makan yang baik dan menciptakan tidur yang nyaman.

3. Olahraga 

Health.grid.id memberitakan dari jurnal Nature Coummunications Medicine bahwa olahraga yang teratur akan membantu kita bebas pikun di usia tua. 

Ph.D mahasiswa dan penulis utama studi, Sarah Aghjayan mengatakan bahwa ketika kita berolahaga dia menemukan adanya peningkatan yang lebih besar dalam memori. 

Menurut studinya, olahraga apapun dapat dipilih, tetapi paling baik dilatih bergantian dari tiga hal ini, yaitu Latihan kardio, latihan kekuatan otot, dan latihan fleksibilitas.

Itulah3 tips yang dapat kamu terapkan supaya tidak mudah pikum. Mudah, bukan? Yuk, kita rutinkan ketiga hal di atas agar kita terhindar dari pikun. 

Hidup secara sehat jiwa dan raga  akan menghasilkan hormon perasaan yang baik yang dapat memperpanjang usia. 

Membaca, tidur dan olahraga merupakan kegiatan yang dirasa sangat membantu untuk menyeimbangkan pola sehat kita. Ketiga kegiatan tersebut sudah pasti bisa dilakukan siapa saja. Selamat mencoba!.

#Tips #Pikun #Kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks