3 Sebab Mengapa Harus Berpikir Dulu Sebelum Bicara

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 24 September 2022 - 11:45 WIB

3 Sebab Mengapa Harus Berpikir Dulu Sebelum Bicara

3 Sebab Mengapa Harus Berpikir Dulu Sebelum Bicara — 2 bulan yang lalu


Jika kita sedang berbicara dengan siapa pun, entah orang berusia muda atau tua, memang hendaklah mempunyai tutur kata yang baik. 

Soal 'berbicara' memang terdengar suatu hal yang mudah, tapi pernah tidak kamu berpikir bahwa apa yang telah kamu bicarakan bisa membuat penilaian dalam dirimu sendiri? 

Misalnya, kamu berbicara pada teman-temanmu, kamu sangat asal saat berlisan di hadapan mereka, kamu tidak pernah memikirkan kata-kata yang keluar dari mulutmu sendiri. 

Bisa saja kamu terlihat buruk di mata mereka karena lisan yang sudah keluar dari mulutmu tanpa pernah dipikir sebelumnya. 

Berpikir sebelum berbicara itu sangatlah perlu, sebab ada hal yang bisa saja terjadi ketika kita berbicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu. 

Inilah yang perlu kamu tahu, beberapa sebab mengapa harus berpikir dulu sebelum kita bicara pada seseorang.

1. Agar Tidak Melukai Hati Orang Lain

Setiap kamu berbicara dan memunculkan lisan yang terdengar di telinga orang lain, lisan tersebut tidak akan bisa kamu tarik kembali saat sudah terlanjur dibicarakan, maka dari itu sebaiknya haruslah dipikir dahulu sebelum kamu memulai pembicaraan. 

Setiap kata-kata yang terucap, akan dipahami oleh orang yang mendengarnya, jangan sampai orang lain akan salah paham saat mendengar apa yang sedang kamu bicarakan padanya.

Bisa saja apa yang kamu bicarakan akan membuat orang yang mendengar sampai terluka hatinya karena kalimat yang membuatnya sedikit tersinggung atau mungkin kamu seharusnya tidak berbicara hal tersebut, maka dari itu memang sudah diharuskan untuk mikir dulu sebelum berbicara pada siapa pun. 

Jika kamu berbicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu, seperti halnya peribahasa 'nasi sudah menjadi bubur', perbuatan yang sudah terjadi, tidak dapat diperbaiki lagi. 

Perkataan yang kamu lontarkan pada seseorang, bisa menimbulkan kesalahpahaman saat kamu sedang asal berbicara, saat hati orang itu terluka, mungkin kata maaf pun sulit untuk mengobati luka hatinya atas apa yang telah kamu bicarakan padanya. 

2. Agar Membentuk Pribadi yang lebih dewasa untuk Diri Sendiri

Berbicara bukanlah hal yang bisa menilai semua tentang diri kita, karena ucapan bisa saja manis di depan dan busuk di belakang. 

Namun, pada dasarnya, saat kita sedang berbicara pada orang lain, memang perlu untuk dipikirkan dahulu, agar apa yang kita ucapkan memang pantas untuk didengar oleh orang lain dan itu pun akan membuat diri kita semakin bersifat dewasa.

Kadang orang yang berusia dewasa saja masih suka asal saat bicara, karena dewasa bukan hanya dilihat dari usia, melainkan sifat dan sikap pada dirinya, milikilah sifat dewasa, bentuklah dirimu sebaik mungkin, salah satunya berbicaralah dengan kalimat yang memang layak untuk dilontarkan pada orang yang akan mendengarkan perkataan itu. 

Jangan sembarang saat berbicara, anak kecil pun akan belajar sopan santun, entah dari sekolahnya atau pun orang tuanya. Jangan mau kalah dengan anak kecil yang bisa saja mereka lebih baik saat berlisan. 

3. Agar Hubunganmu dengan Orang Lain Terjalin Baik

Perkataan bisa saja merusak suatu hubungan dan bisa juga membangun hubungan menjadi lebih baik, jadi kamu pilih yang mana? Membangun atau merusaknya? 

Pasti kamu ingin memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, maka dari itu salah satunya adalah kamu harus menjaga setiap tutur kata yang akan kamu ucapkan dari mulutmu sendiri.

Orang lain akan merasa senang jika dia sedang berbicara dengan kamu yang memang baik di setiap lisannya. 

Misalnya saja, kalau kamu sedang berbicara dengan orang lain yang setiap perkataannya seperti orang yang tidak bisa memilih mana perkataan yang pantas dan tidak pantas untuk diucapkan, mungkin kamu pun akan menahan emosi jika di hadapkan dengan orang yang semacam itu.

Begitu pun orang lain, jangan sampai kamu membuat orang lain jadi memiliki mood yang buruk hanya karena perkataan kamu yang asal dan tidak pantas untuk diucapkan. 

Sebaiknya memang haruslah mikir dulu sebelum berbicara, agar hubunganmu dengan setiap orang akan tetap terjalin dengan baik, jangan sampai hanya karena sebuah pembicaraan, hubungan bisa menjadi rusak. 

Itulah 3 sebab mengapa kita sebelum berbicara harus dipikirkan dahulu. Ini berlaku untuk semua orang yang ingin berbicara pada siapa pun. Mulai dari sekarang dan seterusnya mari kita jaga lisan yang kita punya!

#Berpikir #Bicara #Sebab #sumedang #erksfm #news-erks