3 Negara dengan Harga BBM Termurah, per Liternya Tak Sampai Rp 1.000

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 13 September 2022 - 15:30 WIB

3 Negara dengan Harga BBM Termurah, per Liternya Tak Sampai Rp 1.000

3 Negara dengan Harga BBM Termurah, per Liternya Tak Sampai Rp 1.000 — 1 bulan yang lalu


Bahan Bakar Minyak (BBM) memang menjadi salah satu kebutuhan yang sangat fundamental bagi kalangan masyarakat. Tak terkecuali, baik untuk masyarakat yang menengah ke bawah atau sebaliknya. 

Maka, bukan hal aneh tentunya bila dengan naiknya harga BBM per 3 September 2022 di Indonesia menuai kritikan, buah bibir hingga sorotan bagi semua pihak. 

Terkait harga BBM, merujuk pada data Global Petrol Prices di halaman globalpetrolprices.com, ada 3 negara dengan harga BBM termurah di dunia per 29 Agustus 2022. 

1. Venezuela

Venezuela adalah sebuah negara yang terletak di ujung utara Amerika Selatan. Nama resminya adalah Republica Bolivariana de Venezuela. 

Perlu diketahui, bahwa negara ini berbatasan dengan laut Karibia dan Samudra Atlantik di sebelah utara, Guyana di timur, Brasil di selatan dan Kolombia di barat.

Harga bensin atau BBM di Venezuela ini sangat tergolong murah. Pasalnya, harganya dibawah Rp 1.000 per liternya. Harga bensin di Venezuela dipatok di US$ 0,022/liter. 

Dengan asumsi kurs rupiah Rp 15.000/US$, artinya harga 1 liter bensin di Venezuela setara dengan Rp 330/liter. 

2. Libya

Libya adalah negara yang masuk ke wilayah Maghrib Afrika Utara. Negara ini berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, mesir di sebelah timur, Sudah di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat. 

Adapun harga BBM di negara ini, termurah kedua setelah Venezuela. Per liternya juga tidak sampai 1000 rupiah jika dibandrol dengan mata uang Indonesia yakni, 451 per liter. 

3. Iran

Iran merupakan negara yang terletak di Asia Barat Daya. Uniknya, meski negara ini sudah dikenal bernama Iran oleh penduduk lokal sejak zaman kuno, namun hingga 1935 masih disebut sebagai Persia oleh dunia barat. 

Dan pada 1959, Mohammad Reza Pahlevi telah mengumumkan, bahwa kedua istilah tersebut boleh digunakan.

Terkait harga BBM di negara yang multibudaya ini, harganya sangat murah ketiga di bawah Venezuela dan Libya, yakni 795 per liternya. 

Itulah tiga negara yang dengan harga termurah di bawah Rp 1.000/liter. Sangat murah bukan?. 

#HargaBBMTermurah #Negara #BBM #sumedang #erksfm #news-erks