3 Jalur Seleksi Baru Masuk PTN, Sudah Tahu?

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 18 February 2023 - 21:31 WIB

3 Jalur Seleksi Baru Masuk PTN, Sudah Tahu?

3 Jalur Seleksi Baru Masuk PTN, Sudah Tahu? — 1 tahun yang lalu


Dari tahun ke tahun proses seleksi masuk PTN selalu jadi berita yang dinantikan oleh siswa kelas 12, tak terkecuali dengan tahun 2023 ini. 

Kali ini, pemerintah membuat Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sehingga terdapat beberapa perubahan dari seleksi tahun sebelumnya.

Beberapa prinsip perubahan yang dilakukan adalah mendorong pembelajaran yang menyeluruh, lebih berfokus pada kemampuan penalaran, lebih transparan, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman siswa, serta lebih terintegrasi dengan mencakup bukan hanya program sarjana, tetapi juga D3 dan D4/sarjana terapan.

Melansir dari laman resmi Kemdikbud, tahun ini ada 3 jalur masuk PTN yang bisa diikuti oleh siswa. Berikut ulasannya.

1. SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

Seleksi pengganti SNMPTN ini memberikan penghargaan pada siswa yang telah berhasil dalam pembelajaran menyeluruh di pendidikan tengah.

Proses seleksinya dilakukan dengan cara  pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran, tujuannya agar siswa bisa berprestasi di semua mata pelajaran secara holistik.

Sedangkan sisanya, maksimal 50 persen diambil dari komponen penggali minat dan bakat. Tujuannya agar siswa lebih terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya.

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Teks (SNBT)

Selanjutnya ada SNBT atau yang dulu kita kenal sebagai SBMPTN, kali ini SNBT lebih fokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang fungsinya mengukur empat hal yakni potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. 

Soal pada seleksi ini lebih condong ke kemampuan penalaran.

3. Seleksi secara Mandiri oleh PTN

Jalur ketiga yang bisa ditempuh oleh siswa untuk bisa masuk ke PTN adalah jalur Seleksi secara Mandiri oleh PTN. 

Pada jalur ketiga ini, pemerintah mengatur agar proses seleksi dilakukan secara transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi mandiri.

Disini masyarakat juga dihimbau untuk turut aktif mengawasi jalannya Seleksi secara Mandiri oleh PTN, menurut Mendikbudristek seleksi ini harus berdasarkan seleksi akademis dan dilarang dikaitkan dengan tujuan komersial.

Itulah 3 jalur masuk PTN yang bisa ditempuh oleh siswa di tahun ini, semoga berhasil.

#SeleksiPTN #PerguruanTinggiNegeri #SNBP #SNBT #sumedang #erksfm #news-erks