3 Hal Penting yang Mesti Dimiliki oleh Seorang ASN, Apa Saja?

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 11 October 2022 - 08:00 WIB

3 Hal Penting yang Mesti Dimiliki oleh Seorang ASN, Apa Saja?

3 Hal Penting yang Mesti Dimiliki oleh Seorang ASN, Apa Saja? — 2 bulan yang lalu


 Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dibagi menjadi dua, yakni terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Pekerjaan seorang ASN tentu saja berkaitan erat dengan pelayanan di masyarakat sebagai pengejawantahan dari pemerintah.

Oleh sebab itu, menjadi seorang ASN harus bisa berdampak positif kepada masyarakat dan bisa menjawab setiap keluh kesah masyarakat tersebut. 

Berawal dari hal tersebut, untuk memberi dampak positif maka seorang ASN harus memiliki 3 hal penting sebagai berikut:

1. Integritas

Integritas berkaitan erat dengan perilaku, nilai, moral dan mutu dari seorang ASN. Menjadi seorang abdi negara maka perilaku, nilai, moral dan mutu itu harus ditingkatkan. 

Hal tersebut karena seorang ASN akan terjun ke tengah masyarakat, dan tidak boleh mengeluh dengan setiap pekerjaannya.

Integritas itu pun berkaitan dengan tugas dan kegiatan sehari-hari yang dikerjakan tanpa menunggu waktu esok dan juga mampu menjaga citra diri dengan bekerja dengan baik dan tidak terlibat dalam praktik korupsi yang mencoreng nama baik ASN.

2. Profesional

ASN yang baik adalah ASN yang mampu profesional dalam tugas dan jabatannya. Profesional berarti seimbang atau tidak menyimpang. Mampu menempatkan diri di tengah atau tidak pilih kasih. 

Seorang ASN harus bisa netral. Apalagi dalam pelayanan publik harus mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan golongan maupun kepentingan diri sendiri.

Oleh sebab itu, ASN diminta profesional dalam setiap tugas dan jabatannya. Dengan profesional akan sangat membantu masyarakat dalam setiap kebutuhannya.

3. Akuntabel 

Hal penting yang perlu dimiliki semua orang maupun seorang ASN adalah akuntabel. Akuntabel itu adalah bertanggungjawab dan cekatan dalam melaksanakan tugas setiap harinya. 

Seorang ASN sudah pasti harus akuntabel dan jangan sampai merusak nama baik profesinya. Dengan sikap akuntabel, sudah pasti masyarakat akan merasakan manfaatnya.

Seseorang yang akuntabel akan bekerja cepat dan tepat serta tidak mengalami masalah yang serius. Sebab itu, kita kembangkan nilai akuntabel dalam setiap kegiatan.

Dengan adanya 3 hal penting tersebut, semoga dapat membantu setiap ASN menjadi lebih baik ke depannya. Harapannya setiap pelayanan publik bisa berjalan lancar dan memenuhi ekspektasi masyarakat.

#ASN #PNS #HalPentingyangMestiDimilikiolehSeorangASN #sumedang #erksfm #news-erks