3 Daftar Surga Bawah Laut Indonesia yang Menawan, Sudah tahu?

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 17 December 2022 - 08:00 WIB

3 Daftar Surga Bawah Laut Indonesia yang Menawan, Sudah tahu?

3 Daftar Surga Bawah Laut Indonesia yang Menawan, Sudah tahu? — 2 bulan yang lalu


Kekayaan alam Indonesia menyimpan berbagai macam potensi, salah satunya yaitu pariwisata yang kian diminati para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Salah satunya adalah keindahan alam bawah laut yang sangat menawan serta menarik perhatian para pencinta wisata bahari dari berbagai penjuru dunia.

Selain mempunyai garis pantai terpanjang di dunia yang membentang dari Samudera Hindia sampai Samudera Pasifik, Indonesia juga menjadi bagian dari Segitiga Koral dunia, loh. Indonesia menyimpan kurang lebih 20 persen dari total jumlah terumbu karang yang di dunia.

Upaya dari pemerintah Indonesia untuk menjaga kelestarian taman bawah laut yang dihuni oleh lebih dari 3ribu spesies ikan dan juga 6ribu spesies karang ini juga patut untuk mendapatkan apresiasi positif. 

Begitu juga dengan pengenalan wisata bawah laut yang semakin gencar menambah penasaran para penyelam yang ingin menikmati keindahan bawah laut.

Tidak semakin saja, pesona bawah laut perairan Indonesia juga menawarkan berbagai macam tantangan yang cukup unik, seperti dinding yang curam, parit air dalam, bangkai kapal karam, hingga gunung api bawah laut.

Sebelum menjelajahi keindahan dunia, alangkah baiknya jika menikmati alam miliki negara sendiri. Buat kamu yang hobi menyelam, ada beberapa spot keren yang wajib banget dijadikan tujuan liburan kamu nih:

1. Raja Ampat

Siapa sih yang tidak kenal namanya? Raja Ampat yang ada di ujung barat laut Papua ini merupakan sebuah situs menyelam paling terkenal di Indonesia, bahkan ketenarannya telah merambah negara-negara lain.

Terdiri dari 1.500 pulau kecil yang sangat menawan nan indah, kehidupan laut di sini sangatlah memukau. Mempunyai 1200 spesies ikan, biota laut Raja Ampat digadang-gadang sebagai yang terbesar di dunia, loh. Nah, jika sedang beruntung, Kamu pun dapat melihat hiu paus secara langsung, seru banget kan?

2.  Kepulauan Komodo

Tidak hanya menjadi cagar alam dari binatang komodo yang keberadaannya sangat langka di dunia, Pulau Komodo juga terkenal sebagai surganya para penyelam kelas dunia.

 Alam bawah lautnya menawarkan apa yang diimpikan oleh setiap penyelam. Sebuah surga tropis dengan terumbu dangkal yang tenang dan juga penuh warna, serta menjadi tempat tinggal ikan-ikan berukuran kecil dan berwarna-warni, hingga hiu.

3. Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi terdiri dari empat pulau besar, yaitu Wangi, Kaledupa, Tomea, dan juga Binongki merupakan permata yang tersembunyi di Laut banda. 

Kaya akan terumbu karang, rintangan, dan juga biota laut, taman nasional ini tetap lestari berkat dari upaya pelestarian pemerintah serta masyarakat setempat. 

Spot diving yang satu ini memanglah masih relatif baru, sehingga kekayaan alam di bawah airnya masih tetap terjaga dengan baik.

Nah, itulah tadi beberapa daftar surga bawah laut Indonesia yang menawan, semoga bermanfaat.

#KekayaanAlamIndonesia #BawahLaut #Wisata #Keindahan #sumedang #erksfm #news-erks