3 Bisnis yang Cocok Buat Remaja di Tahun 2023

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 18 December 2022 - 08:00 WIB

3 Bisnis yang Cocok Buat Remaja di Tahun 2023

3 Bisnis yang Cocok Buat Remaja di Tahun 2023 — 2 bulan yang lalu


Kabar resesi yang dikabarkan bakal melanda indonesia di tahun 2023 menjadi hal yang mengkhawatirkan banyak orang. 

Tak jarang para orangtua pun mengambil tindakan untuk berhemat agar bisa melalui tahun berikut dengan baik. Bisa jadi, hal tersebut malah berimbas kepada uang saku anak yang tidak bertambah. 

Tetapi janganlah marah kepada orang tuamu, mungkin inilah momen untuk kamu memulai bisnis. Tenang saja, ada bisnis yang cocok buat remaja yang tidak membutuhkan modal yang besar.

Berikut ini 3 bisnis yang cocok buat para remaja di tahun 2023: 

1. Menjual Jasa Desain yang Sesuai Permintaan Konsumen 

Jika kamu suka menggambar maupun mendesain digital, berbisnis karya seni secara daring cukup menjanjikan. Jika kamu memiliki sedikit modal kamu bisa mengaplikasikan desain mu ke dalam bentuk kaos, tumbler, sneakers, dan lainnya. Pajanglah produk mu di e-market maupun di sosial media.

2. Menulis di Berbagai Platform Menulis 

Jangan menganggap remeh ilmu kepenulisan yang kamu miliki, bisa saja melalui tulisan tersebut kamu dapat mengumpulkan uang dengan mudah. Saat ini sudah banyak platform penulis yang menerima berbagai tulisan. 

Dari menulis curhatan maupun informasi di blog maupun di media sosial, menulis cerita fiksi maupun non-fiksi di paltform penulis, dan menulis artikel maupun puisi di media digital.

3. Menjadi Influencer Media Sosial 

Jika kamu memiliki percaya diri, suka berbicara di depan kamera dan bisa memengaruhi orang, jika tiga hal ini kamu miliki bisa jadi pertanda bahwa kamu cocok untuk menjadi influencer media sosial. 

Ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk menjadi influencer, seperti memahami siapa pengikut media sosialmu, memiliki jumlah pengikut yang banyak, dan memahami produk dan jasa yang kamu promosikan. Dengan cara ini kamu bisa dipercaya oleh banyak brand untuk meng-endorse produk mereka.

Yuk, manfaatkan bakat maupun keahlian yang kamu miliki untuk berbisnis. Jika kamu memulai bisnis dari remaja tentu bisa membawakan kesuksesan bagimu. Tetapi ingat, tetap memprioritaskan pendidikanmu sebagai yang utama.

#Bisnis #Remaja #InfluencerMediaSosial #2023 #sumedang #erksfm #news-erks