3 Akibat Buruk Jika Terlalu Sibuk Mikirin Kehidupan Orang Lain

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 10 January 2023 - 13:57 WIB

3 Akibat Buruk Jika Terlalu Sibuk Mikirin Kehidupan Orang Lain

3 Akibat Buruk Jika Terlalu Sibuk Mikirin Kehidupan Orang Lain — 1 bulan yang lalu


Setiap orang memiliki jalan kehidupan masing-masing. Karunia, ujian, kelebihan dan kekurangan yang ada di dalamnya tentunya berbeda-beda dan sudah terukur sesuai dengan kemampuan orang yang menjalaninya. 

Kehidupan hendaknya dilalui dengan lapang dada dan tidak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain. Ketika kita mampu fokus untuk melewati keseharian kita, maka kita akan mampu menjadikan hidup kita semakin baik dari hari ke hari.

Namun, ada beberapa orang tampaknya lebih suka memperhatikan kehidupan orang-orang yang ada di sekitarnya. Padahal, terlalu sibuk memperhatikan kehidupan orang lain dapat membawa akibat buruk yang tidak sedikit. Beberapa akibat tersebut di antaranya ialah:

1. Fokus kita tersita

Ketika kita terlalu memperhatikan dan memikirkan kehidupan orang lain, praktis pandangan kita hanya tertuju kepadanya. Alih-alih mampu menjalani dan memperbaiki kehidupan kita sendiri, fokus kita justru akan habis tersita untuk memperhatikan kehidupan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali untuk kita.

2. Menyengsarakan hati

Ketika kita terlalu memikirkan kehidupan orang lain, biasanya kita akan lebih melihat kelebihan orang tersebut, seperti apa yang berhasil ia raih, apa yang bisa ia beli, dan kebahagiaan apa yang ia alami. Akibatnya, kita akan merasa dia selalu mendapatkan apa yang ia inginkan, sedangkan kita merasa tidak memiliki apa-apa. 

Hal ini akan membuat kita kufur terhadap nikmat dari semua karunia yang sudah kita dapatkan. Karena itulah, terlalu memikirkan kehidupan orang lain hanya akan menyengsarakan hati dan pikiran, karena kita akan selalu merasa kurang.

3. Membuang-buang waktu

Tentunya, terlalu memikirkan kehidupan orang lain hanya membuang-buang waktu. Setiap hari, kita disibukkan dengan kegiatan memikirkan orang lain dapat uang dari mana, kenapa dia bisa mendapatkan ini dan itu, juga hal-hal lainnya yang tidak semestinya kita pikirkan.

Demikian 3 akibat terlalu sibuk mikirin kehidupan orang lain. Alangkah lebih baik jika kita fokus menjalani kehidupan kita sendiri, melanjutkan perbuatan baik dan memperbaiki kekurangan dalam diri kita. Hal ini tentu akan lebih membawa manfaat dibandingkan sibuk memperhatikan kehidupan orang lain.

#AkibatBuruk #Sibuk #MikirinKehidupanOrangLain #Waktu #Hati #sumedang #erksfm #news-erks