21 PKBM Belum Terdaftar, Ultimatum Disdik Sumedang: Mau Lanjut atau Tidak?

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 19 February 2021 - 18:49 WIB

21 PKBM Belum Terdaftar, Ultimatum Disdik Sumedang: Mau Lanjut atau Tidak? — 2 tahun yang lalu


Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang melaksanakan monitoring ke 2 Lembaga Kursus dan Pendidikan, yakni LKP Indowisata Hotel School Sumedang dan LKP Nafira Sumedang.

Kabid PAUD dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang E. Martin mengatakan,  pihaknya ingin tahu sejauh mana keadaan di 2 LKP ini, baik kegiatan maupun administrasinya.

Martin menyebutkan, pihaknya menerima informasi bahwa Indowisata Hotel School menyalurkan lulusannya untuk magang dan kerja keluar negeri, juga sudah melakukan 14 kali wisuda.

“Jika wisuda dilaksanakan per enam bulan, maka otomatis keberadaan Indowisata ini sudah 6 tahunan, tapi kenapa tidak ada informasi atau konfirmasi ke dinas soal wisuda itu,” kata Martin. 

Ia menuturkan, LKP Nafira Batik yang ada di Dusun Neglasari Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong, sudah bagus dan bisa jadi aset Kabupaten Sumedang.

“Namun tetap harus melengkapi kekurangan-kekurangannya, dan saya ingatkan kembali bagi warga sumedang bahwa seksi Dikmas itu ada 75 LKP dan 71 Forum Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yakni ada paket A,B dan C dan hampir 7000 lebih warga yang belajar kesetaraan,” ungkapnya.

PKBM yang sudah sinkron, sambungnya, tahun kemarin ada 48, dan hari ini baru 46.

“Jadi, hampir 67 persen, tapi itu akan diperhitungkan di tingkat kementerian. Bagi 21 PKBM yang belum mendaftarkan diri, silahkan bikin surat pernyataan mau dilanjut atau tidak, guna meningkatkan persentase Dikmas PKBM / LPK,” katanya.

LKP yang ada di Sumedang saat ini ada 34 tapi yang daftar baru 5. Sedangkan PKBM seluruhnya berjumlah 71, tetapi yang sudah mengisi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) hanya 46 lembaga. Artinya, yang belum mengisi Dapodik semester genap Tahun Ajaran 2020-2021 ada 25 Lembaga.

“Kami harus mengadakan roadshow ke tiap PKBM atau LKP guna memastikannya. Selanjutnya, saya menghimbau bagi warga Sumedang yang tidak memiliki Ijazah SD, SMP dan SMA silahkan mendaftar diri ke PKBM yang terdekat dan jangan ragu karena sekolah kesetaraan ini gratis,” paparnya. (*)

#dapodik #pkbm #lkp #sumedang #erksfm #news-erks